Anggrek Bulan Lover? Ikuti Tips dan Trik Berikut Ini!

Anggrek Bulan Lover? Ikuti Tips dan Trik Berikut Ini!

Anggrek Bulan – Bagi pecinta anggrek tentunya sangat tahu dengan jenis anggrek bulan (Phalaenopsis Amabilis). Tanaman berbunga yang hidupnya menempel pada tanaman lain sebagai inangnya. Tanaman ini akan lebih cantik, ketika bunganya sedang mekar. Dan jenis anggrek ini, dominan bunganya berwarna putih dan beberapa warna lain juga bunganya indah dan cantik. Sehingga bunga jenis anggrek ini, dijadikan salah satu Bunga Nasional Indonesia. Yang telah di nobatkan sebagai bunga Puspa Pesona yaitu Anggrek Bulan.

Tentunya sebagai pecinta bunga, merasa belum lengkap kalau belum memiliki tanaman berbunga ini. Dalam budidaya tanaman jenis anggrek ini cenderung mudah, karena mampu hidup di beberapa iklim.

Namun dalam kehidupannya, tanaman berbunga jenis ini sangatlah rentan terhadap kelebihan air. Apabila tidak segera mengering, bisa meyebabkan daunnya membusuk dan kalau tidak segera ditangani akan cepat menyebar dan tanaman akan cepat mati. Tentunya bagi pecinta anggrek, sangat tidak menginginkan hal itu terjadi. Untuk menghindari hal-hal demikian, berikut tips-tips dalam budidaya anggrek bulan :

Tips Merawat Baby Anggrek Bulan

Anggrek Bulan
Bibit Anggrek Bulan dalam Soft Pot
  • Tanam bibit anggrek bulan yang masih baby pada pot tray, dan gunakan serabut kelapa vertikal ataupun mos. Dan diamkan dalam pot tray, kurang lebih selama tiga bulan.
  • Setelah mencapai masa tiga bulan, pindahkan bibit anggrek bulan pada soft pot kecil dengan ukuran diameter, yaitu enam sampai 12 centimeter.
  • Agar pembibitan tumbuh dengan maksimal, berikan pupuk organik secara benar dan teratur.
  • Setelah melewati tiga bulan dalam soft kecil, anggrek tumbuh agak besar. Kemudian lakukan repotting dengan memindahkan ke dalam pot dengan ukuran yang agak besar.

Tips Repotting Anggrek Bulan

Setelah ditempatkan dalam soft pot selama tiga bulan, dan anggrek sudah agak besar dan segera lakukan repotting dengan memindahkan kedalam pot yang dengan ukuran yang lebih besar. Untuk panduannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah awal, siram lah akar anggrek yang menempel pada pot agar lebih basah
  • Setelah akar agak basah, lepas dengan pelan-pelan akar yang menempel pada pot dengan pisau atau cutter
  • Kemudian, setelah akar yang menempel terlepas, cabut tanaman anggrek dari pot pelan-pelan
  • Pada Pot beri media alas berupa pecahan genting atau arang
  • Letakan tanaman anggrek yang di repotting dalam pot yang diberi media alas arang atau pecahan genting
  • Setelah di repotting dalam pot, perhatikan akar anggrek, minimal ada satu akar yang tidak tertimbun media tanam
  • Selanjutnya, tambahkan media sampai pada pangkal akar

Tips Memilih Tempat Tanam

Pilihlah tempat untuk menanam Phalaenopsis ini, pada tempat yang sejuk dan tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Tidak terlalu Membutuhkan banyak sinar matahari, hanya sekitar 20% setiap hari. Suhu yang cocok pada siang hari yaitu sekitar 30 derajat celcius, dan pada malam hari sekitar 23 derajat celcius.

Agar bisa hidup, tumbuh dan berbunga, tanam pada media mos, sabut kelapa dan cacah pakis. Atau kombinasi antara sabut kelapa dengan cacah pakis.

Pengamatan Pada Daun Anggrek Bulan

Dalam perawatan jenis anggrek ini, bisa diperhatikan pada perkembangan daunnya. Apabila daun anggrek berwarna hijau, berarti mendapatkan intensitas sinar matahari yang cukup. Tetapi, bila daun berwarna hijau tua menandakan intensitas cahaya matahari kurang. Dan apabila daun berwarna kecoklatan, berarti mengalami kelebihan cahaya matahari, sehingga daunnya seperti terbakar.

Menjaga Kelembapan Anggrek

Perlu diketahui, bahwa anggrek menyukai tumbuh ditempat yang kering. Namun untuk pertumbuhan, perlu dilakukan penyiraman. Tanaman bunga anggrek jenis ini, batas kelembapan maksimum yaitu 70 persen. Apabila lebih lembap dan basah, akar akan cepat membusuk karena berjamur atau banyak bakteri yang tumbuh pada media yang terlampau basah.

Menjaga Sirkulasi Udara

Dengan sirkulasi angin yang bagus, tidak terlalu kencang akan mempercepat pertumbuhan anggrek dengan baik, sehingga bunga cepat mekar. Hembusan angin yang tidak terlalu kencang, juga bagus untuk menjaga kelembapan suhu di sekitar tanaman anggrek.

Penyiraman Secara Teratur

Untuk penyiraman anggrek jenis ini, sebaiknya dilakukan penyiraman minimal satu kali dalam sehari. Cara penyiramannya bisa disemprotkan langsung pada akar anggrek dan ingat gunakan selalu air yang bersih. Jangan gunakan air kotor untuk menyiram anggrek.

Pemberantasan Hama

Untuk menjaga kesehatan pertumbuhan tanaman anggrek atau menjaga dari serangan hama dan penyakit. Perlu melakukan penyemprotan Insektisida dan Fungisida. Penyemprotan diberikan cukup satu kali dalam seminggu, dan dilakukan pada sore hari.

Pemberian Nutrisi

Dalam pertumbuhannya, anggrek bulan juga perlu asupan nutrisi yang cukup, bisa dilakukan dengan pemupukan yang teratur. Pemberian pupuk yang rutin dan teratur, dapat membuat tanaman anggrek jadi subur dan rajin berbunga. Pemupukan dilakukan cukup sekali dalam dua minggu, bisa dilakukan dengan dilarutkan dengan air atau di semprotkan dengan sprayer.

Demikian tips merawat anggrek phalaenopsis amabilis, mulai dari baby sampai repotting dan perawatan secara teratur dan rutin sehinggan anggrek tumbuh subur dan rajin berbunga dan hati pemilik bunga jadi senang.

Anggrek Bulan