Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Mudah dan Praktis!

Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Mudah dan Praktis!

Cek dan Bayar Tagihan PDAM – Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat vital dan pokok bagi manusia. Terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangga seperti mandi, mencuci, memasak, minum dan lain-lain. Dimana manusia sangat membutuhkan air, terutama air bersih. Kebutuhan air bisa dipenuhi dengan membuat sumur-sumur, yang bisa mengeluarkan sumber air bersih.

Atau bisa berlangganan air bersih dari perusahaan daerah seperti PDAM, adalah salah satu unit usaha milik daerah. PDAM yang mengelola dan mengatur distribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum. Badan Usaha Daerah ini, terdapat di setiap provinsi, kabupaten dan kotamadya di seluruh indonesia.

Berlangganan PDAM dengan tagihannya yaitu perbulan. Bisa dibayarkan melalui loket-loket PDAM dimana Anda mendaftar. Atau untuk pengguna layanan PDAM Kotamadya, bisa dibayarkan melalui ATM BCA dimanapun berada. Pada kali ini kita contohkan, cara bayar tagihan PDAM kota Malang lewat ATM BCA, berikut tahap-tahapnya:

Cek Tagihan PDAM Kota Malang Secara Online

Sebelum membayar tagihan PDAM, Anda bisa cek secara online terlebih dahulu untuk tagihan tiap bulannya. Berikut langkah-langkahnya untuk cek tagihan PDAM Anda secara Online :

1. Siapkan Nomor saluran PDAM Anda
2. Untuk cek secara Online, bisa lewat browser Handphone atau Komputer.
3. Buka browser internet Anda, buka alamat Web PDAM Kota Malang atau klik berikut : Tagihan PDAM Kota Malang 
4. Selanjutnya, masukan Nomor Saluran PDAM Anda 6 Digit. Pada kotak isian nomor saluran.
5. Masukan kode keamanan  pada kotak isian kode keamanan (kode sesuai yang tertera)
6. Terakhir klik tombol Cek Tagihan. Selanjutnya akan menampilkan detail tagihan PDAM Anda.

Cara cek tagihan pdam kota malang
Urutan Cek Tagihan PDAM kota Malang

Selanjutnya, setelah Anda mengetahui detail tagihan PDAM Anda, salah satu alternatif untuk melakukan pembayaran yaitu bisa lewat ATM BCA. Sebenernya ada beberapa alternatif untuk melakukan pembayaran PDAM, tentunya dengan cara yang praktis, mudah dan aman. Akan tetapi, kali ini membahas cara melakukan pembayaran PDAM lewat ATM BCA.

Bayar Tagihan PDAM Lewat ATM BCA

Setelah Anda  mendapatkan detail tagihan bulanan PDAM. Selanjutnya, untuk melakukan pembayaran bisa lewat ATM BCA. Berikut tahapannya, sebelumnya masukan Kartu Anda di mesin Anjungan Tunai Mandiri BCA dan ikuti panduan langkah-langkah berikut :

  1. Masukan PIN nomor ATM Anda
  2. Pilih menu ‘Transaksi Lainnya’
  3. Pilih menu ‘Pembayaran’
  4. Pilih menu ‘Layar Berikut’
  5. Pilih menu ‘Lain-lain’
  6. Pilih menu ‘Kode Perusahaan’ kode perusahaan disini adalah nomor rekening PDAM Kota Malang Yaitu : 730010
  7. Selanjutnya, masukan nomor pembayaran yaitu Nomor Saluran PDAM Anda
  8. Kemudian, akan muncul detail tagihan PDAM Anda. Pastikan jumlah tagihan dan data PDAM Anda sudah benar. Lalu pilih ‘Ya’

Dengan kemudahannya, membayar tagihan PDAM Kota Malang lewat ATM BCA menjadi lebih praktis serta fleksibel, tentunya bisa dilakukan dimana saja selama tersedia mesin anjunga mandiri BCA.
Demikian panduan singkat ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.