Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Menulis Surat Lamaran Kerja – Dalam perihal mencari pekerjaan tidak terlepas dari surat menyurat. Baik itu perihal surat keterangan pribadi, tentang pendidikan, ketrampilan dan sebagainya yang tentunya akan menjadi dokumen terlampir.

Setelah mendapatkan informasi pekerjaan sesuai dengan kriteria Anda, selanjutnya mempersiapkan surat-surat / dokumen yang akan dilampirkan nantinya dalam surat lamaran kerja Anda.
Apa saja syarat-syarat dan kelengkapan dalam mengajukan permohonan kerja? Simak penjelasan berikut ini :

8 Persyaratan Penting Dalam Lamaran Kerja

Kelengkapan surat lamaran kerja serta dokumen-dokumen yang terlampir sebisa mungkin dilengkapi, berikut daftar kelengkapannya :

1. Surat Lamaran Kerja

Buatlah surat lamaran kerja sesuai dengan minat dan bidang pekerjaan yang Anda tuju. Gunakan bahasa formal yang baik dan benar. Bahasa dalam surat lamaran kerja harus jelas, singkat tidak bertele-tele. Dalam pembahasan berikutnya akan diberikan beberapa contoh surat lamaran kerja, sesuai masing-masing bidang yang ada.

2. Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae

Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae / sering ditulis CV. Pada dokumen ini berisikan deskripsi dan profil diri Anda. Berisi tentang riwayat pendidikan, ketrampilan/skill dan pengalaman pekerjaan yang dimiliki.

Biasanya seorang pemilik pekerjaan menyaring pencari kerja yang potensial sesuai kriteria melihat pada dokumen CV ini, untuk lanjut ke tahap wawancara.

3. Fotokopi ijazah / Sertifikat yang dilegalisir

Dokumen yang satu ini wajib terlampir pada surat permohonan kerja Anda, dan harus dilegalisir keabsahannya. Untuk itu, Anda harus menyiapkan fotokopi ijazah lengkap dengan transkrip nilai dan sertifikat keahlian yang terlegalisir. Hal ini untuk menunjang apa yang tertulis di CV anda.

Sebaiknya disiapkan agak banyak ketika melegalisir ijazah dan sertifikat ketrampilan. Karena sering digunakan sebagai dokumen pendukung.

4. Fotokopi KTP

Sebaiknya disediakan fotokopi KTP secukupnya, karena akan sering digunakan dalam permohonan pekerjaan. Sebaiknya alamat yang tercantum di surat lamaran kerja dan CV menyesuaikan dengan alamat yang ada di KTP.

5. Pas Photo

Gunakan Pas Photo diri Anda yang terbaru dengan ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6. Pas Photo setengah badan dengan latar belakang merah atau biru. Untuk Pria sebaiknya mengenakan jas dan berdasi, sedangkan wanita bisa mengenakan blazer.

6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK atau sering dikenal dengan surat keterangan kelakuan baik. Dokumen ini juga wajib terlampir dalam permohonan kerja. Sebaiknya difotokopi secukupnya dan dilegalisir, karena dokumen ini sering diperlukan. SKCK ini memiliki masa berlaku selama enam bulan.

7. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter

Surat ini juga sering diminta terkait dengan pekerjaan tertentu. Tidak ada salahnya menyiapkan surat ini, tinggal periksa ke dokter dan minta surat keterangan sehat sesuai hasil pemeriksaan untuk keperluan pekerjaan.

8. Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans

Kartu kuning (AK-1) dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. kartu ini wajib dimiliki oleh pendaftar pekerjaan, terutama yang akan mendaftar pekerjaan di instansi pemerintah.

Fungsi dan tujuan dari kartu AK-1 ini sebagai monitor kuantitas Tenaga Kerja Indonesia. Setiap enam bulan sekali, pemilik kartu harus melapor untuk di update, apakah sudah mendapatkan pekerjaan. Apabila belum, akan di informasikan terkait lembaga-lembaga yang membuka lowongan pekerjaan.

Tips Menulis dan Membuat Surat Lamaran Kerja

Setelah anda mengerti persyaratan surat lamaran pekerjaan. Tahap selanjutnya membahas tips menulis dan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.
Simak tips berikut agar surat lamaran pekerjaan anda lolos dan lanjut ke tahap wawancara :

  1. Baca dan pahami syarat lowongan pekerjaan. Agar surat lamaran kerja yang dibuat tidak keluar dari konteks.
  2. Tulislah surat lamaran kerja dengan bahasa formal, baku, dengan ejaan yang benar.
  3. Gunakan bahasa yang mudah dipahami, jelas dan singkat tidak bertele-tele.
  4. Penulisan tujuan surat harus jelas. Penulisan ejaan, gelar, nama dan alamat perusahaan harus ditulis dengan benar. Jangan sampai keliru dalam penulisan tersebut.
  5. Apabila surat lamaran kerja ditulis dengan tangan, upayakan tulisan Anda bisa terbaca. Hindari penulisan dengan huruf digandeng. Kebersihan kertas harus dijaga, jangan sampai ada bekas lipatan, atau bekas tulisan dihapus.
  6. Setelah selesai menulis surat lamaran kerja, baca dan periksa kembali penulisannya jangan sampai ada yang salah tulis atau ketik.

Demikian tips menulis surat lamaran kerja agar berpeluang dan lolos ke tahap wawancara.
Setelah memahami tips menulis surat lamaran kerja.
Berikut susunan dalam membuat surat lamaran kerja, simak penjelasan dibawah ini :

  1. Tempat dan tanggal penulisan lamaran kerja.
  2. Kepada Yth. Nama orang / Nama Pimpinan / Nama Perusahaan
    Alamat Perusahaan
  3. Salam Hormat
  4. Kata Pengantar
    Dalam kata pengantar dicantumkan dimana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.
    Serta cantumkan posisi / jabatan pekerjaan.
    Meyakinkan perusahaan bahwa Anda mampu bekerja pada posisi tersebut.
  5. Biodata Pribadi
    Tulis nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telpon dan handphone dan kontak e-mail Anda.
  6. Kemampuan dan Pengalaman kerja Anda.
    Bila Anda memiliki ketrampilan yang mampu mendukung dalam jabatan tersebut, cantumkan saja secara lengkap. Dan apabila Anda pernah bekerja / memiliki pengalaman kerja bisa dicantumkan dengan detail.
  7. Penutup
    Dalam tulisan penutup, tulislah tekad dan keingan kuat Anda ingin bekerja dan bergabung dengan perusahaan tersebut. Akhir penutup, tulislah ucapan Terima Kasih.
  8. Lampiran surat lamaran kerja
    Untuk lampiran ini sesuai dengan perihal yang sudah dijelaskan di atas, pada pembahasan Persyaratan Surat Lamaran Kerja.

Baca Juga : Tips Wawancara Kerja Bidang Teknik Sipil

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Surabaya, 01 Januari 2020

Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia
Hotel Ibis Style Malang
Jln. Letjend S. Parman No. 45
Malang

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi iklan harian Jawa Pos pada 28 Desember 2019 tentang lowongan kerja sebagai staff hotel, maka dengan ini saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Saya telah menyelesaikan program Sarjana saya di bidang perhotelan dan pariwisata di Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Surabaya dan berkeyakinan mempunyai kemampuan yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut.

Usia saya saat ini 25 tahun dan pernah bekerja pada perusahaan BUMN. Selain itu saya juga bisa berbicara bahasa inggris secara baik dan mampu mengoperasikan komputer dan internet secara baik dan benar.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan daftar riwayat hidup saya.
Nama : Monalisa Setyawati
Tempat / Tgl. Lahir : Malang, 01 Mei 1995
Alamat : Jln. Bromo No. 10 Malang
No. Telp / E-mail : 0812-3456-7890 / monalisa.setya95@gmail.com
Status : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir  : S1 – Perhotelan dan Pariwisata

Saya sangat menantikan kesempatan untuk wawancara, dimana saya bisa menjelaskan seluruh potensi dan kemampuan diri saya kepada Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan)
Monalisa Setyawati

Contoh Surat Lamaran Kerja di Klinik Kecantikan

surat lamaran kerja di klinik kecantikan
Contoh Gambar Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Baju

Malang, 27 Desember 2019

Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia
Natasha Skin Care
Yogyakarta

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari teman tentang lowongan kerja sebagai Penjaga Toko Baju, maka dengan ini saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Saya telah menyelesaikan Pendidikan SMA Jurusan IPA di SMA N 6 Malang dan berkeyakinan mempunyai kemampuan yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut.

Usia saya saat ini 21 tahun dan pernah bekerja di Toko Baju SS. Saya dapat berkomunikasi dengan baik dan mampu mengoperasikan komputer dan internet secara baik dan benar.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan daftar riwayat hidup saya.
Nama : Dini Aminarti
Tempat / Tgl. Lahir : Malang, 01 Mei 1999
Alamat : Jln. Bromo No. 10 Malang
No. Telp / E-mail : 0812-3456-7890 / monalisa.setya95@gmail.com
Status : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir  : SMA N 6 Malang

Saya sangat menantikan kesempatan untuk wawancara, dimana saya bisa menjelaskan seluruh potensi dan kemampuan diri saya kepada Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan)
Dini Aminarti