6 Gambar Bunga Anggrek Dari Jenis Anggrek Terpopuler Di Dunia

6 Gambar Bunga Anggrek Dari Jenis Anggrek Terpopuler Di Dunia

Gambar Bunga Anggrek – Anggrek merupakan suku tumbuhan berbunga dan merupakan tanaman hias yang populer, yang dimanfaatkan keindahan bunganya. Terutama kaum Perempuan, sangat menyukai akan keindahan dari bunga tumbuhan hias satu ini. Tanaman hias ini memiliki anggota jenis yang cukup banyak, yang tersebar meluas di daerah tropika basah.

Pertumbuhan dari tanaman berbunga ini, hidup secara menumpang pada tumbuhan lain atau disebut jenis tumbuhan epifit, tetapi tidak merugikan tumbuhan yang menjadi inangnya. Dan pasokan makanan tumbuhan berbunga ini dari pengembunan pada malam hari, serta penguapan humus daun-daun yang membusuk dan terbawa angin.

Keindahan bunga anggrek memang sangat memikat hati, dengan berbagai keragaman warnanya. Dan bunga ini banyak digunakan dalam dekorasi pernikahan, sebab bunga anggrek mampu bertahan lama. Berikut enam gambar bunga anggrek dan penjelasannya dari jenis anggrek yang paling populer di masyarakat Indonesia :

Gambar Bunga Anggrek Cattleya

Gambar Bunga Anggrek Cattleya
Bunga Anggrek Cattleya | Sumber Pixabay

Pertama, yaitu anggrek Cattleya. Anggrek ini termasuk dalam marga jenis anggrek epifit yang menumpang pada tumbuhan lain untuk kelangsungan hidupnya. Dan tidak bisa terkena langsung oleh paparan matahari selama sehari penuh, akan tetapi membutuhkan sinar matahari pada waktu pagi hari, sekitar empat sampai lima jam. Dengan terkena sinar matahari yang cukup, pada waktu pagi hari, membuat anggrek cattleya kerap berbunga. Selain sinar matahari, cattleya juga membutuhkan air untuk pertumbuhannya.

Gambar Bunga Anggrek Dendrobium

Gambar Bunga Anggrek Cattleya
Gambar Anggrek Dendrobium | Sumber : Piaxabay

Yang kedua yaitu Anggrek Dendrobium, jenis ini sangat populer di budidayakan oleh masyarakat, karena kemudahannya dalam merawat dan juga mudah berbunga. Jenis Dendrobium juga banyak spesiesnya, bunganya sangat bervariasi dan indah. Jenis anggrek ini pun hidupnya bersifat epifit pada tumbuhan lain.

Dan pertumbuhan Anggrek Dendrobium bersifat simpodial, artinya yaitu memiliki pertumbuhan pada ujung batang yang terbatas. Dimana pada petumbuhan batang bila mencapai batas maksimal akan berhenti, pertumbuhan akan dilanjutkan oleh anakan yang akan tumbuh disamping.

Anggrek dendrobium untuk pertumbuhannya, membutuhkan sinar matahari sedang sampai tinggi tergantung jenis dendrobiumnya. Apabila suhu terlalu panas, bisa dilakukan dengan pengkabutan air dengan cara di semprotkan.

Gambar Bunga Anggrek Papua Raksasa

Bunga Anggrek Papua Raksasa
Gambar Bunga Anggrek Papua Raksasa | Sumber Google

Yang ketiga, yaitu Anggrek Papua raksasa atau genus Grammatophyllum. Jenis anggrek ini diyakini memiliki ukuran yang paling besar atau disebut anggrek raksasa, bisa tumbuh mencapai ukuran panjang 2,5 meter. Dan untuk melangsungkan pertumbuhannya anggrek ini juga menumpang pada tumbuhan lain sebagai inang atau epifit.

Gambar Bunga Anggrek Oncidium

Gambar Bunga Anggrek Oncidium
Gambar Anggrek Oncidium | Sumber Pixabay

Yang ke-empat yaitu jenis Anggrek Oncidium. Kebanyakan untuk genus anggrek ini, tumbuh di daerah kering, dan tahan terhadap sinar matahari berkisar 20 sampai 60 persen cahaya. Anggrek ini juga sangat populer dikalangan pecinta anggrek, karena perawatannya cukup mudah dan gampang diperbanyak karena rajin bertunas.

Seperti jenis anggrek yang lain, jenis anggrek satu ini juga menyukai sirkulasi udara yang bagus untuk membantu menguapkan kelebihan air pada medianya. Tetapi anggrek ini juga membutuhkan penyiraman setiap hari, kecuali ketika musim hujan.

Gambar Bunga Anggrek Phalaenopsis

Gambar Bunga Anggrek Phalaenopsis
Anggrek Phalaenopsis | Sumber Pixabay

Ke-lima yaitu Anggrek Phalaenopsis. Salah satu jenis yang terkenal di indonesia sebagai Bunga Nasional Indonesia yaitu Puspa Pesona atau Anggrek Bulan. Anggrek ini hidupnya juga bersifat epifit, menumpang pada tanaman lain sebagai inangnya. Bunga anggrek ini sangat populer, dan memiliki sedikit keharuman pada saat mekar serta mampu tumbuh hingga diameter 10 centimeter lebih. Bentuk akar dari anggrek ini bulat berdaging berwarna putih, dan bentuknya memanjang.

Gambar Bunga Anggrek Vanda

Gambar Bunga Anggrek Vanda
Gambar Anggrek Vanda | Sumber Pixabay

Yang ke-enam yaitu Anggrek Vanda. Bunga anggrek ini sangat populer, sebagai bunga hias pada dekorasi berbagai acara karena bunganya mampu bertahan lama. Bunga vanda ini memiliki beberapa variasi warna, seperti warna cokelat, putih, merah, biru hingga ungu. Jenis Anggrek vanda termasuk dalam jenis tumbuhan epifit, menumpang pada tumbuhan lain. Akar dari anggrek ini menjuntai, bisa ditaruh dalam pot yang berongga hingga akarnya menjuntai kebawah.

Demikian tentang enam dari bunga anggrek yang paling populer. Dengan keindahan bunganya yang mempesona dan ragam warna yang memikat hati, dan sangat cocok sebagai tanaman hias di rumah Anda

Gambar Bunga Anggrek