Kegiatan Bermain Buat Anak Yang Tidak Memerlukan Gadget

Dampak Gadget Bagi Anak – Pada suatu kondisi tertentu. Banyak anak usia dini yang kecanduan bermain gadget. Baik atau tanpa disadari orang tua, hal ini bisa merugikan bagi tumbuh kembang anak.
Bermain adalah hal yang tidak bisa lepas dari anak. Aktivitas anak selalu menunjukan kegiatan bermain.
Maka, agar kebutuhan bermain anak terarahkan dengan hal-hal yang positif. Adalah dengan mengalihkan anak ke kegiatan bermain yang lebih bermanfaat.

Kegiatan Bermain Anak Tanpa Gadget dan Bermanfaat

Mengajak Anak bermain kertas lipat atau Origami.

Bermain kertas Lipat atau Origami | Gambar via Pixabay

Kertas lipat atau origami mudah ditemukan di toko-toko terdekat. Tersedia dengan beberapa ukuran, yaitu; 12 x 12 cm, 14 x 14 cm dan 16 x 16 cm. Berisi kertas lipat dengan warna-warni. Bermain kertas lipat cukup simpel dan tidak menguras tenaga. Juga memiliki banyak manfaat untuk anak, antara lain:

  1. Meningkatkan kreativitas.
    Mengajak anak atau memberi contoh bermain kertas lipat. Untuk dibuat berbagai bentuk dengan kertas lipat. Mulai bentuk ikan, burung merpati, angsa, pesawat, perahu dan lain-lain. Semua itu bisa dibentuk dengan kertas lipat, hal ini bisa meningkatkan kreativitas anak.
  2. Meningkatkan kemampuan konsentrasi.
    Ketika bermain kertas lipat. Untuk membuat suatu bentuk dengan melipat kertas lipat. Anak belajar konsentrasi. Agar lipatannya akurat dan tidak keliru, sehingga bentuk akhirnya sesuai.
  3. Melatih anak mengikuti instruksi.
    Banyak contoh bentuk yang bisa dibuat dengan kertas lipat. Lengkap dengan instruksinya. Disini anak akan berusaha membentuk seperti yang dicontohkan. Sesuai dengan langkah-langkahnya, hal ini anak menjadi belajar mengikuti instruksi yang ada.
  4. Melatih Koordinasi tubuh.
    Ketika bermain kertas lipat. Anak akan meniru dalam membuat bentuk dengan arahan orang tua. Atau panduan yang ada di kertas lipat. Anak jadi belajar memperhatikan dan tangan melipat kertas. Hal ini melatih koordinasi mata dan tangan agar sesuai dengan arahan.
  5. Meningkatkan kepercayaan diri
    Setelah melipat kertas selesai. Hasil akhirnya menjadi sebuah bentuk perahu, pesawat, merpati dan lainnya. Keberhasilan ini akan membuat rasa percaya diri pada anak meningkat.

2. Mengajak anak Menggambar yang disukai.

bermain menggambar | gambar via pixabay

Menggambar salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak. Selain itu kegiatan menggambar juga meningkatkan sisi kreativitas anak. Dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, antara lain:

  1. Meningkatkan kreativitas
    Saat bermain menggambar, anak menggunakan imajinasinya untuk menciptakan berbagai bentuk yang diinginkan dan berfikir kreatif agar gambarnya sesuai dengan imajinasinya, bila hal ini dilakukan terus menerus dapat mengasah dan meningkatkan kreativitasnya.
  2. Meningkatkan Fokus
    Ketika anak menggambar, dan berusaha fokus untuk menyelesaikan gambar sesuai dengan imajinasinya, bila hal ini sering dilakukan, anak belajar menjadi fokus terhadap hal yang dikerjakan.
  3. Meningkatkan Memori
    Saat anak menggambar mengunakan imajinasinya, anak akan selalu berfikir dan mengingat apa yang ada di imajinasinya untuk digambar, hal ini juga melatih daya ingat atau meningkatkan memori.
  4. Melatih Kesabaran
    Dalam kegiatan menggambar, anak akan belajar kesabaran, dimana setelah gambar selesai sesuai imajinasinya kemudian diberi warna agar sesuai dengan warna yang di inginkannya, itu semua dengan proses bertahap dimana akan melatih kesabaran anak.
  5. Melatih kecerdasan Motorik
    Saat menggambar, anak akan fokus membuat goresan pensil agar sesuai gambarnya, mata, tangan dan fikiran akan berkoordinasi, hal ini bisa melatih kecerdasan motorik anak.
  6. Mengurangi Emosi
    Dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan saat menggambar, tubuh dan fikiran menjadi lebih rileks dan anak menjadi bahagia, hal ini bisa membantu perkembangan diri anak menjadi lebih baik.
  7. Mengembangkan Kemampuan dalam berkomunikasi
    Ada kalanya anak menggambar apa yang ingin disampaikan ke orang lain atau orang tua, dengan pesan gambarnya, semisal menggambar ungkapan anak menyayangi orang tua dengan memberikan hasil gambarnya.

Bermain menggambar ini, selain banyak manfaatnya bagi anak, juga bisa mengalihkan agar anak tidak selalu bermain gadget.

3. Permainan Berhitung

Mengingat aktivitas anak selalu menunjukan kegiatan bermain, dengan belajar berhitung diselingi permainan, cukup terbukti membuat anak tertarik dan tidak mudah bosan. Misal, permainan memancing ikan, setelah anak mendapatkan ikan dari memancingnya, kemudian dihitung jumlah ikan yang didapat.

Bermain menyusun balok, setelah balok-balok disusun, kemudian dihitung jumlah balok yang berhasil disusun, dan masih banyak lagi permainan berhitung yang membuat anak tertarik dan melupakan bermain gadget.

4. Mengajak anak bermain tebak-tebakan atau teka-teki

Bermain teka-teki terbukti membuat anak tertarik, permainan ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, misal bermain teka-teki hewan, tumbuhan atau menirukan gaya hewan dan anak akan menebak hewan apakah. Permainan tebak-tebakan ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, manfaat dari permainan ini antara lain;

  1. Mengasah daya ingat
    ketika diberi pertanyaan tebak-tebakan, anak akan berusaha mengingat dan mencocokan dengan petunjuk yang ada dan sesuai dengan pertanyaan, hal ini mengasah daya ingat anak dan menambah kosakata baru
  2. Belajar klasifikasi
    Ketika anak mendapatkan pertanyaan tentang binatang apa, anak akan belajar mengklasifikasikan nama-nama hewan, begitu juga ketika mendapatkan pertanyaan tentang buah-buahan.
  3. Mengembangkan kemampuan analisis
    Anak akan belajar menganalisa dari beberapa petunjuk yang ada untuk dicocokan agar mendapatkan jawabannya. Kemampuan analisis ini sangat berguna, untuk menyelesaikan pertanyaan dalam bentuk cerita.
  4. Menghibur
    Anak merasa hal ini adalah bermain yang sangat menyenangkan, dan bisa mempererat hubungan, baik anak dengan orang tua, atau anak dengan teman-temannya

5. Mengajak anak bermain sepeda

anak bermain sepeda | gambar via pixabay

Beraktivitas dengan bermain sepeda diluar rumah sangat bermanfaat, membuat anak jadi lebih sehat dan gesit, melatih kemampuan motorik anak ketika bermain sepeda, melatih kemandirian anak ketika ingin mengenal lingkungan sekitar tinggal mengayuh sepedanya, mendekatkan anak dengan orang-orang disekitar lingkungannya.

6. Bermain Lempar Bola dengan Anak

Bermain lempar bola juga bisa mengalihkan anak agar tidak selalu bermain gadget, permainan ini cukup mudah dilakukan. Melatih motorik anak ketika melempar dan menangkap bola, melatih motorik visual ketika konsentrasi melempar atau menangkap bola, melatih gerak tubuh sisi kanan dan kiri ketika berusha menangkap bola.