Lupa Password Wifi Indihome? Ikuti Panduan Mudah Ini!

Lupa Password Wifi Indihome? Ikuti Panduan Mudah Ini!

Lupa Password Wifi Indihome – Agar koneksi Internet Wifi Indihome Anda aman dari pengguna yang tidak di inginkan, tentunya koneksi ke wifi harus diberi password. Gunakan password wifi yang aman dan mudah di ingat oleh Anda. Dan pada umumnya, pengguna Wifi Indihome menggunakan Auto Connect. Yang artinya, otomotis terhubung dengan wifi dan memerlukan password hanya saat pertama kali perangkat terhubung dengan wifi.

Namun, suatu saat muncul masalah. Anda Lupa Password Wifi Indihome dan tidak bisa menghubungkan perangkat baru ke Wifi Indihome Anda. Bila hal ini terjadi, Anda tidak perlu meminta bantuan pada pihak Indihome. Ikuti panduan mudah ini, untuk mengetahui kembali password wifi Indihome Anda :

Cara Mengetahui Password Wifi Indihome Lewat PC atau Laptop

Untuk mengetahui kembali password wifi lewat PC atau Laptop, perlu menghubungkan langsung ke jaringan Wifi indihome Anda. Setelah terhubung dengan wifi, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Klik Network pada Laptop Anda (secara default terletak pada kanan-bawah layar). Pada Wirelesss Network Connection, Pilih wifi yang sedang terhubung langsung dengan laptop Anda, lalu Klik Kanan dan pilih Properties. Untuk contoh hasilnya, bisa lihat pada gambar dibawah ini :

    Cara mengetahui password wifi indihome
    Tampilan Properties Network Connection
  • Pada tampilan jendela Wireless Network Properties, pilih tab Security. Dimana pada baris menu Network Security Key terdapat password Wifi Anda. Untuk menampilkan karakter yang tersembunyi atau hidden, bisa di centang pada baris menu Show Characters
  • Setelah dicentang, seketika password Anda akan muncul. Salin dan simpan dalam bentuk text pada drive laptop Anda.

Cara Mengetahui Password Wifi Indihome Lewat Modem

Berikutnya, yaitu cara mengetahui kembali apabila Lupa Password Wifi Indihome lewat Modem yang dijadikan router wifi Anda. Panduan ini dilakukan pada modem bawaan dari Indihome, yaitu Modem ZTE f609. Ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Buka browser Anda dan ketik alamat modem yaitu 192.168.1.1 kemudian tekan Enter (secara default modem zte f609 dengan IP Gateway 192.168.1.1).
    Untuk masuk ke pengaturan modem, gunakan data ZTE Login user Indihome yaitu Username : user dan Password : user
  • Setelah Anda berhasil masuk Dashboard panel utama pengaturan modem. Masuk pada menu Network > Wlan > Security.
  • Pada menu Security terdapat pengaturan WPA Passphrase, Klik centang pada kotak Characters untuk menampilkan password wifi Anda yang tersembunyi.
  • Setelah dicentang, seketika password wifi Anda akan muncul, salin dan simpan.

Cara Mengetahui Password Wifi Indihome Dengan Reset Modem

Untuk mendapatkan kembali password wifi dengan cara ini, dilakukan apabila semua perangkat tidak bisa terhubung dengan wifi indihome Anda. Yang artinya, tidak ada perangkat yang digunakan secara Auto Connect  untuk terhubung dengan Wifi Indihome di rumah Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan, Auto Connect adalah otomatis terhubung langsung dengan Wifi, dan memasukan password pada saat pertama kali perangkat terhubung dengan Wifi. Untuk panduan Reset Modem pada modem ZTE F609, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama temukan Tombol Reset pada modem Anda (dalam contoh gambar adalah tombol reset pada modem zte f609).

    Lupa Password wifi indihome
    Tombol Reset Pada Modem ZTE F609 Indihome
  • Selanjutnya tekan lobang Tombol Reset. Hal ini akan me-reset pengaturan nama wifi dan password wifi secara default (bawaan dari pabrik zte)
  • Setiap pengaturan default dari pabrik, akan berbeda-beda sesuai seri dari perangkat pada modem Anda. Dan pengaturan default bisa dilihat pada modem, biasanya terletak dibawah modem. Untuk contoh, bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

    lupa password wifi indihome
    Default SSID dan Password setelah di Reset
  • Setelah tombol Reset pada modem ditekan, pengaturan SSID dan PASSWORD kembali ke pengaturan default pabrik. Dimana, untuk contoh bisa dilihat pada gambar di atas yang ditandai kotak garis merah SSID Name dan Password.

Langkah selanjutnya setelah di Reset, Anda bisa melakukan pengaturan ulang pada modem, agar SSID Name atau nama Wifi serta Password Wifi untuk disesuaikan dengan keinginan Anda. Bisa dibaca pada artikel sebelumnya yaitu : Cara Mengganti Password Wifi Indihome ZTE

Demikian panduan mudah ini, untuk mendapatkan kembali apabila anda lupa password wifi indihome di rumah Anda. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Lupa Password Wifi Indihome