MCB Posisi On Tapi Listrik Mati? Berikut Cara Mengatasinya!

MCB Posisi On Tapi Listrik Mati – Saat listrik di rumah mati, tentu pertama kali yang akan dicek adalah kWh Meter dari PLN, untuk melihat posisi MCB On atau Off.

Saat dicek kWhmeter dengan posisi MCB Off, tentu tinggal menaikkan posisi MCB ON supaya listrik menyala kembali. Tetapi bila MCB On dan listrik dalam rumah mati, tentu untuk mengatasinya perlu dicari tahu penyebabnya.

MCB Posisi On Tapi Listrik Mati

Listrik dalam rumah mati tetapi posisi MCB On tentu membingungkan dan khawatir, apalagi setelah melihat listrik tetangga masih menyala.

Tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang perlu dicek agar tahu penyebab listrik dalam rumah mati dengan posisi MCB ON.

Simak hal-hal berikut ini agar tahu apa penyebab listrik mati dengan posisi MCB masih On beserta solusinya:

1. Kabel Twist Longgar.

mcb posisi on tapi listrik mati
Kabel Dari Tiang PLN ke Rumah | Sumber gambar: Youtube

Kabel twist adalah kabel listrik dari tiang PLN ke rumah kita. Bila kabel twis longgar tentu listrik rumah kita akan padam.

Bila kamu menggunakan kWhmeter Pascabayar, pastikan pulsa listrik tidak kehabisan. Namun bila pulsa listrik masih ada dan listrik tetangga menyala serta layar pada kWhmeter juga mati, bisa dipastikan kabel Twist longar.

Untuk mengatasinya harus menghubungi petugas PLN, di nomor layanan PLN yaitu (kode area)+123. Hubungi kontak layanan PLN untuk membuat laporan pengaduan, hari itu juga petugas PLN akan datang untuk memperbaiki.

2. Putus kWhmeter Ke MCB

Putus atau terlepasnya kabel dari kWhmeter ke MCB juga menyebabkan listrik dalam rumah padam dan posisi MCB tetap On tapi listrik tidak terhubung.

Bisa langsung dicek, bila kabel yang menghubungkan dari kWhmeter ke MCB putus tentu penyebab listrik padam adalah hal ini.

Apabila penyebab listrik dalam rumah padam dan penyebabnya masih terkait dengan kWhmeter, tentu menjadi tanggung jawab PLN. Kita bisa minta bantuan ke petugas PLN lewat kontak layanan PLN.

3. Jalur Instalasi Dari MCB ke Rumah Rusak

Bila pulsa listrik masih ada dan tidak ada pemadaman serentak. Dan posisi MCB On dan kWhmeter masih menyala namun listrik dalam rumah padam, kemungkinan besar jalur atau kabel instalasi dari MCB ke rumah ada kerusakan.

Untuk mengatasi hal ini tidak bisa minta bantuan ke petugas PLN. Instalasi dari kWhmeter PLN menuju ke dalam rumah menjadi tanggung jawab pemilik rumah.

Silahkan meminta bantuan ke pihak yang pasang instalasi listrik dalam rumah.

4. Penurunan / Kerusakan Kualitas MCB

MCB On tapi listrik mati bisa juga disebabkan oleh penuruan kualitas MCB. Bila kWhmeter masih menyala dan listrik dalam rumah padam. Akibat pemakaian jangka panjang tentu kualitasnya akan menurun.

Bila masalahnya demikian, tentu bisa menghubungi pihak PLN untuk mengganti dengan yang baru.

Apabila yang rusak pada MCB di kWhmeter, tentu menjadi tanggung jawab PLN. Tetapi bila yang rusak MCB dalam rumah, jadi tanggung jawab pemilik rumah.

Baca Juga: MCB 10 Ampere Berapa Watt

5. kWhmeter PLN Layar Periksa

mcb posisi on tapi listrik mati
Layar kWhmeter Periksa | Sumber gambar: Nusa Daily

Bila terjadi kerusakan pada kWhmeter tentuk akan mengakibatkan listrik dalam rumah mati. Kerusakan ini ditandai dengan munculnya tulisan periksa atau Err pada layar kWhmeter, tentu posisi MCB On tapi listrik mati.

Bila terjadi kerusakan seperti ini tidak perlu panik. Tinggal hubungi kontak layanan PLN di Nomor 123. Untuk menghubunginya menekan (kode area)+123.

Kerusakan ini akan menjadi tanggung jawab PLN dengan layanan gratis. Setelah melakukan pelaporan kerusakan ke kontak layanan PLN, petugas akan datang hari itu juga.

Demikian beberapa penyebab MCB posisi on tapi listrik mati. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

MCB Posisi On Tapi Listrik Mati