Perhatikan 4 Hal Berikut ini Saat Memilih Hewan Kurban

Perhatikan 4 Hal Berikut ini Saat Memilih Hewan Kurban

Memilih Hewan Kurban – Idul Adha 2019 yang akan tiba sebentar lagi. Di tahun ini tepatnya jatuh tanggal 11 Agustus 2019. Merupakan hari raya  umat Islam. Idul Adha atau disebut Idul Kurban, biasa juga dinamakan Hari Raya Haji.

Menjelang Idul Adha, seperti tahun-tahun sebelumnya. Pelapak-pelapak hewan kurban sudah pada bertebaran, dibeberapa pinggir jalan sudut kota.
Hewan kurban yang bisa diberikan yaitu hewan ternak. Seperti unta, kambing, domba, kerbau atau sapi. Dan harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
Untuk memilih hewan kurban sebaiknya jangan sembarangan. Pilihlah hewan kurban yang terbaik dan sehat, untuk diberikan agar menjadi amalan yang terbaik.
Bagaimana memilih hewan kurban yang baik? Pada dasarnya, hewan ternak kurban yang dagingnya layak dikonsumsi. Bisa dilihat dari fisik hewan kurban itu sendiri.

Memilih Hewan Kurban Idul Adha – Pic via Grid-id

Memilih Hewan Kurban Yang Baik Idul Adha 2019

Agar lebih jelasnya, bisa memperhatikan 4 hal berikut;

  1. Umur dari hewan ternak kurban.
    Hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban harus memenuhi syarat umur, dan ketentuan umur dari tiap hewan ternak kurban berbeda-beda. Untuk kambing atau domba adalah berumur satu tahun, dan sapi atau kerbau berumur dua tahun, sedangkan untuk hewan unta berumur lima tahun.
  2. Gigi dari Hewan Ternak Kurban.
    Hewan ternak kurban yang akan diberikan sudah mengalami pergantian gigi seri, baik gigi seri depan maupun bawah. Bisa dilihat dari bentuk fisiknya gigi, untuk gigi seri atau susu bentuk fisiknya kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap bentuknya besar dan rata.
  3. Hewan Kurban dalam Kondisi Sehat.
    Hewan kurban harus dalam kondisi sehat, tidak menunjukan tanda-tanda dalam kondisi sakit, seperti demam, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, kurang nafsu makan, kudis, diare, lemas serta tidak ada eksreta (buangan) dari lubang hidung.
  4. Hewan Kurban Tidak Kurus dan Cacat
    Pilihlah hewan kurban yang baik, tidak kurus apalagi cacat (Pincang, Buta, Tidak ada daun telinga). Berikan yang terbaik agar menjadi amalan yang terbaik pula.

Pilihlah hewan ternak yang sesuai dengan empat hal diatas, hewan yang baik dan sehat untuk menjadi pengantar kebaikan kurban Anda, semoga 4 tips diatas bermanfaat.