12+ Macam Sambungan Kabel Listrik Lengkap Dengan Gambar

Saat mengerjakan instalasi listrik ada kalanya menghadapi situasi dimana harus menyambung kabel, hal ini tentu menjadi pilihan terakhir dan sebisa mungkin hindari penyambungan kabel.

Karena sebaik-baiknya instalasi kabel listrik itu tanpa ada sambungan kabel. Namun bila tidak memungkinkan, seperti kabel terlalu pendek atau ada percabangan instalasi tentu penyambungan kabel tidak terhindarkan.

Dalam menyambung kabel listrik harus memperhatikan faktor keamanan. Berikut penjelasan mengenai fungsi dan macam macam sambungan kabel listrik serta panduan cara menyambung kabel lengkap disertai gambar.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penyambungan kabel merupakan solusi terakhir. Dimana kabel listrik berfungsi sebagai penghantar aliran listrik yang memiliki tegangan cukup tinggi sehingga menimbulkan getaran.

Jika sambungan kabel tidak berfungsi dengan benar bisa mengakibatkan kehilangan tegangan atau bahkan bisa menimbulkan bahaya percikan api pada sambungan.

Maka sebelum lanjut membahas macam-macam sambungan ada baiknya mengetahui fungsi dari berbagai jenis sambungan kabel adalah sebagai berikut:

  1. Agar faktor keamanan tercapai dalam melakukan penyambungan kabel, seperti sambungan lebih kuat sehingga tidak terjadi percikan api pada sambungan.
  2. Memudahkan instalasi bila kabel terlalu pendek atau ada percabangan jalur instalasi, dengan memahami sambungan kabel tentu akan lebih aman dan kuat.

12 Macam Sambungan Kabel Listrik Dan Cara Menyambungnya

Bagaimana menyambung kabel listrik yang benar dan aman?

Tentu tidak asal menyambung, terdapat beberapa macam sambungan kabel listrik yang disesuaikan dengan jenis jenis kabel listrik yang akan disambung.

Berikut macam macam sambungan kabel listrik beserta panduan cara menyambungnya:

1. Sambungan Ekor Babi (Pig Tail Joint)

cara menyambung kabel listrik

Sambungan kabel Pig Tail atau ekor babi adalah sambungan kabel paling mudah dan sederhana hingga sering digunakan dalam penyambungan kabel instalasi listrik.

Sambungan jenis ini tepat untuk menyambung kabel tembaga dengan inti tunggal dan panduan penyambungan bisa dilihat pada gambar di atas.

2. Sambungan Puntir

macam macam sambungan kabel

Sambungan Puntir terdapat dua macam yaitu Sambungan Bell Hanger dan Sambungan Western Union.

Model sambungan ini juga untuk kabel berinti tunggal yang sering digunakan dalam penyambungan kabel instalasi listrik.

Sambungan bell hanger dan western union tergolong mudah dikerjakan dan sambungan juga cukup bagus serta kuat hingga aman tidak menimbulkan percikan api.

 

3. Sambungan Bolak Balik

cara menyambung kabel listrik

Sambungan bolak balik ini sedikit lebih rumit dibanding dengan sambungan pig tail. Tetapi sambungan bolak balik ini hasilnya cukup bagus serta kuat dan khusus untuk kabel berbahan tembaga dengan inti tunggal.

Panduan menyambung model balik baliki ini bisa di lihat pada gambar langkah satu sampai empat.

4. Sambungan Dengan Kabel Mata Itik

cara menyambung kabel listrik

Sambungan dengan kabel mata itik atau lingkaran ini cukup mudah untuk dilakukan.

Sambungan ini dibuat dengan cara membuat lingkaran pada ujung kedua kabel yang akan disambung, kemudian untuk menyambungkan kedua kabel tersebut dengan baut / sekrup pengikat pada lingkaran kedua kabel tersebut.

5. Sambungan Datar Bercabang

Pada instalasi listrik dengan jalur bercabang bisa menggunakan sambungan datar bercabang. Terdapat tiga macam sambungan kabel datar bercabang yaitu:

a. Sambungan Bercabang Single Plain Joint

cara menyambung kabel

Sambungan single plain joint digunakan untuk menyambung kabel percabangan yang datar dengan cara mengelupas isolasi kabel utama tanpa di putus (utuh).

Kemudia kabel percabangan dililitkan pada tembaga inti yang isolasinya sudah dikelupas.

Sambungan model ini juga khusus untuk kabel berbahan tembaga dengan inti tunggal.

b. Sambungan Bercabang Knotted Tab Joint

sambungan-kabel-listrik-knotted-tab-joint

Sambungan bercabang knotted tab joint hampir sama dengan single plain joint, yang membedakan terdapat ikatan dari kabel percabangan terhadap kabel utama yang kemudian juga dililitkan pada tembaga inti kabel utama.

Sambungan ini cukup bagus dan kuat, memang sedikit rumit akan tetapi bila mengikuti panduan cara menyambung kabel seperti pada gambar di atas tentu akan lebih mudah.

c. Sambungan Bercabang Silang

macam macam sambungan kabel listrik

Cara menyambung kabel dengan cabang lebih dari satu bisa menggunakan jenis sambungan ini. Sambungan Cabang bersilang sebenarnya sambungan single plain yang memiliki cabang sambungan lebih dari satu.

Isolasi pada kabel utama dikupas tanpa diputus (utuh) kemudian kabel percabangan dililitkan pada tembaga kabel utama, begitu juga kabel percabangan yang lain, seperti pada contoh gambar di atas.

Sambungan model ini juga khusus untuk kabel dengan inti tunggal.

6. Sambungan Britania

cara-menyambung-kabel-britania

Cara menyambung kabel dengan jenis sambungan britania cukup mudah, kedua kabel yang akan disambung dikelupas isolasinya terlebih dahulu.

Kemudian kedua kabel ditempelkan jadi satu lalu dililit dengan potongan inti kabel yang lebih kecil sebagai pengikat. Contoh gambar sambungan kabel model britania bisa di lihat pada gambar di atas.

7. Sambungan Scraf

cara meyambung kabel listrik

Menyambung kabel dengan model sambungan scraf prinsipnya hampir sama dengan sambungan britania.

Yang mebedakan, setelah isolasi dikelupas kemudian kedua tembaga inti yang akan disambung dipipihkan setelah itu disatukan untuk dililit dengan tembaga kabel yang lebih kecil.

Cara menyambung kabel listrik dengan model scraf cukup mudah dan sambungan ini khusus untuk kabel berbahan tembaga dengan inti tunggal. Untuk contoh sambungan model scraf bisa dilihat pada gambar di atas.

8. Sambungan Dengan Scun Cable

macam macam sambungan kabel

Cara menyambung kabel dengan kabel skun prinsipnya sama seperti sambungan mata itik, tetapi tidak perlu membuat lingkaran lagi. Kedua ujung kabel yang akan disambung dimasukan kedalam ujung kabel skun.

Kedua lingkaran kabel skun disatukan kemudian dibaut atau disekrup sebagai pengikat kedua kabel skun.

Menggunakan sambungan ini cukup mudah dan praktis tetapi harus mengeluarkan biaya untuk pembelian kabel skun.

9. Sambungan Dengan Joint Sleeve

macam macam sambungan kabel

Sambungan Joint Sleevs biasanya untuk menyambung kabel ukuran besar, baik berbahan tembaga maupun aluminium.

Bentuknya seperti selosong memanjang, kedua ujung kabel yang akan disambung dimasukan dalam selosong lalu dijepit dengan tang skun (crimping pliers).

Menyambung kabel dengan cara ini cukup cepat, hasilnya rapi dan baik serta mudah ditutup dengan isolasi.

 

10. Sambungan Dengan Connector Cable

sambungan-kabel-listrik-dengan-connector

Cara menyambung kabel dengan Connector Cable prinsipnya hampir sama dengan sambungan Sleeve.

Bisa untuk menyambung kabel berinti tunggal maupun lebih. Keduan ujung kabel yang akan disambung dimasukan dalam selosong konektor kemudian dijepit atau ditekan dengan tang skun (crimping pliers).

Menyambung kabel dengan cara ini cukup praktis dan hasilnya juga rapi mudah dibungkus dengan isolasi.

11. Sambungan Dengan Single Wrapped Cable Slice

cara menyambung kabel single wrapped

Cara menyambung kabel dengan model ini cukup rumit. Sambungan model ini cocok untuk kabel dengan inti lebih dari satu / banyak dan berserabut.

Pada kabel yang berinti banyak dililitkan pada kabel utama yang sudah dikelupas isolasinya. Model lilitan kabel pada tembaga kabel utama seperti sambungan bell hanger.

Sambungan ini memang cukup rumit tapi hasil sambungan sangat aman dan baik.

12. Sambungan Dengan Quick Connect

cara menyambung kabel listrik

Menyambung kabel dengan quick connector cukup praktis serta cepat, hasilnya juga tentu aman.

Pada ujung kabel yang sudah dibuka isolasinya dimasukan ke tempat quick connect dengan menekan penjepit hingga terbuka lalu masukan kabel yang akan disambung.