Peta Kalimantan : Geografis dan Demografis Selengkapnya

Peta Kalimantan : Geografis dan Demografis Selengkapnya

Peta Kalimantan – Banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini, yaitu sekitar 78 persen dari luas Pulau itu sendiri, sehingga pulau Kalimantan dijuluki Pulau Seribu Sungai. Selain itu, dikenal dengan sebutan Pulau Borneo. Sebenarnya sebutan Pulau Borneo itu untuk menamai pulau ini secara keseluruhan, yaitu Kalimantan, Serawak dan Sabah. Borneo adalah sebutan yang digunakan oleh kolonial Inggris dan Belanda, untuk menamai pulau ini secara keseluruhan. Sedangkan untuk wilayah Indonesia mengacu pada nama Kalimantan, untuk bagian wilayahnya bisa dilihat pada gambar Peta Pulau Kalimantan.

Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga yang ada di Dunia, dengan total luas 743.330 kilometer persegi. Dengan prosentase 73% wilayah Indonesia, 26 % wilayah malaysia, dan 1% wilayah Brunei. Secara topografi pulau kalimantan masuk dalam gugusan kepulauan sunda besar, yaitu kumpulauan kepualauan Indonesia barat yang meliputi Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Sumatera.

Secara administratif, Kalimantan wilayah Indonesia terbagi menjadi lima provinsi, yaitu :

  • Provinsi Kalimantan Utara dengan ibu kota Tanjung Selor.
  • Provinsi Kalimantan Timur dengan Ibu Kota Samarinda.
  • Provinsi Kalimantan Tengah dengan Ibu Kota palangkaraya.
  • Provinsi Kalimantan Barat dengan Ibu Kota Pontianak.
  • Provinsi Kalimantan Selatan dengan Ibu Kota Banjarmasin.

Agar lebih jelas, pembagian wilayah administratif pada wilayah kalimantan Indonesia, bisa dilihat pada gambar peta pulau kalimantan beserta peta masing-masing provinsi di Kalimantan.

Gambar Peta Pulau Kalimantan

Gambar Peta lengkap Pulau Kalimantan
Gambar Peta Pulau Kalimantan – Administratif | Sumber Wikipedia

Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara

Peta Provinsi Maluku Utara dengan Ibu Kota Tanjung Selor
Peta Kalimantan Utara | Sumber Wikipedia

Geografis Kalimantan Utara

Sebagai perwujudan dari Daerah Otonomi baru, guna meningkatkan dan menggali potensi-potensi yang ada di daerah. Kementerian Dalam Negeri menetapkan Kalimantan Utara sebagai Provinsi dengan Ibu Kota Tanjung Selangor. Yang ditetapkan sebagai Provinsi pada tanggal 25 Oktober 2012. Dikenal dengan sebutan KALTARA, singkatan dari Kalimantan Utara. Provinsi ini terletak di Pulau Kalimantan bagian utara. Merupakan provinsi yang berdekatan langsung dengan wilayah negara tetangga, yaitu Malaysia. Tepatnya berbatasan dengan negara bagian Sabah dan Serawak.

Kalimantan Utara sebelumnya masuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Pemekaran wilayah telah di mulai sejak tahun 2000-an. Dan terbentuk sebagai Provinsi termuda tepatnya pada tahun 2012, dengan luas wilayah yaitu 75.467,70 kilometer persegi.
Sedangkan untuk batas wilayah Kalimantan Utara yaitu :

  • Sebelah Utara : Negara Bagian Sabah (Malaysia)
  • Sebelah Timur : Laut Sulawesi
  • Sebelah Selatan : Provinsi Kalimantan Timur
  • Sebelah Barat : Negara Bagian Serawak (Malaysia)

Demografis Kalimantan Utara

Wilayah yang menjadi Provinsi Kalimantan Utara merupakan bekas kekuasaan kesultanan Bulungan. Pada saat resmi terbentuk menjadi Provinsi baru,  dibagi menjadi 5 wilayah administrasi, yaitu terdiri 4 kabupaten dan 1 kota, berikut rinciannya :

  1. Kabupaten Nunukan
  2. Kabupaten Malinau
  3. Kabupaten Bulungan
  4. Kabupaten Tana Tidung
  5. Kota Tarakan

Jumlah Penduduk Provinsi Kalimantan Utara, secara keseluruhan mencapai 691.058 jiwa, mengacu pada pendataan tahun 2017, dan tingkat kepadatan penduduk yaitu 9,15 jiwa perkilometer persegi. Untuk suku bangsa di Kaltara 30 persen merupakan suku jawa dari program transmigrasi, disusul penduduk asal Sulawesi Selatan. Selebihnya penduduk asli Kalimantan, yaitu suku Dayak, Suku Banjar, Suku Bulungan, Suku Tidung dan Suku Kutai.

Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur

Gambar Peta Provinsi Kalimantan Timur
Peta Kalimantan Timur | Sumber Google

Geografis Kalimantan Timur

Kalimantan Timur atau disingkat Kaltim, salah satu Provinsi yang yang berada di Pulau Kalimantan Indonesia, dengan Ibu Kota Samarinda. Wilayah Provinsi ini memiliki kepadatan penduduk terendah ke-empat di Indonesia. Secara umum, luasan wilayah Kalimantan meliputi daratan dan lautan. Untuk wilayah daratan dengan luas 127.346,92 kilometer persegi, sedangkan wilayah lautan dengan luas 25.656 kilometer persegi.

Melalui program pemerintah yaitu pemekaran wilayah, Provinsi Kalimantan Timur menjadi provinsi terluas ke-tiga setelah Papuan dan Kalimantan Tengah. Dan terbagi menjadi 7 kabupaten dan 3 kota, yaitu :

  1. Kabupaten Paser dengan Ibu Kota Tanah Grogot
  2. Kabupaten Kutai Barat dengan Ibu Kota Sendawar
  3. Kabupaten Kutai Kartanegara dengan Ibu Kota Tenggarong
  4. Kabupaten Kutai Timur dengan Ibu Kota Sangatta
  5. Kabupaten Berau dengan Ibu Kota Tanjung Redeb
  6. Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Ibu Kota
  7. Kabupaten Mahakam Ulu dengan Ibu Kota Long Bangun (Pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat)

Sedangkan 3 kota tersebut yaitu; Kota Balikpapan, Kota Samarinda dan Kota Bontang. Secara geografis, Kalimantan Timur merupakan wilayah yang sangat strategis, terkenal sebagai pintu gerbang utama wilayah Indonesia bagian Timur.

Wilayah provinsi ini sangat terkenal dengan kekayaan alamnya, yaitu hasil kayu dan pertambngannya. Karena banyaknya sungai yang menghubungkan antar wilayah dalam provinsi ini, hingga sungai menjadi jalur transportasi utama setelah transportasi darat. Dengan sungai terpanjangnya yaitu sungai mahakam.

Sungai Mahakam Prasarana Transportasi Kaltim
Sungai Mahakam Transportasi Utama KALTIM | Sumber Wikipedia

Demografis Kalimantan Timur

Setelah perwujudan Otonomi Baru wilayah Provinsi Kalimantan Utara, kemudian Kalimantan Timur terbagi menjadi tujuh Kabupaten dan tiga kota. Provinsi Kaltim, dengan tingkat kepadatan penduduk terendah ketiga. Dengan jumlah total penduduk, yaitu 3.575.449 jiwa dengan kepadatan penduduk 28,07 jiwa perkilometer persegi.

Sedangkan untuk meningkatkan laju perekonomian, provinsi ini didukung dari beberapa sektor utama yaitu hasil tambang seperti minyak, gas alam dan batu bara. Sedangkan dari sektor lain, untuk meningkatkan percepatan perekonomian, seperti wilayah Bontang dan Balikpapan mulai mengembangkan kawasan industri berbagai bidang. Serta beberapa sektor lainnya, seperti pembukaan lahan kelapa sawit dan pariwisata.

Suku mayoritas yang ada di provinsi Kaltim sekitar 30,24% adalah suku Jawa, menyebar mulai dari daerah transmigrasi sampai perkotaan. Dan disusul suku Bugis, 20,81% menempati daerah pesisir dan perkotaan. Suku terbesar ketiga yaitu suku Banjar, dengan jumlah sekitar 12,45% banyak menempati di kota Samarinda dan Balikpapan. Selebihnya ada Suku Dayak (9,94%), Etnis Kutai (7,8%), Paser (1,89%), Toraja (2,21%), Buton (1,25%), Sunda (1,57%) dan Madura (1,32%).

Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Gambar Peta Provinsi Kalimantan Tengah
Peta Provinsi kalimantan Tengah | Sumber Google

Geografis dan Demografis Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah atau yang biasa disebut dengan KALTENG, merupakan salah satu provinsi di Pulau Kalimantan Indonesia, dengan Ibu Kota yaitu Palangka Raya. Secara geografis, provinsi ini terletak antara 3º50′ Lintang Utara, 1º10′ Lintang Selatan dan 110º – 116º Bujur Timur. Provinsi Kalteng sebagai provinsi terluas kedua setelah Papua, dengan memiliki luas 153.564 Kilometer persegi, terdiri dari 82,16 % Kawasan Hutan dan 17,84% kawasan non hutan.

Berdasarkan pendataan sensus pada tahun 2010, Kalteng mempunyai jumlah penduduk sekitar 2.202.599 jiwa. kemudian BPS Kalimantan, pada tahun 2018 melakukan pendataan penduduk provinsi ini, hasilnya bertambah menjadi 2.605.274 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk sekitar 16,96 jiwa kilometer persegi.

Kalimantan Tengah memiliki 11 sungai besar dan sekitar 33 sungai anakan atau sungai kecil, hal ini menjadi ciri khas dari provinsi ini. Adapun sungai terpanjang di provinsi ini, yaitu sungai Barito, dengan panjang mencapai 900 kilo meter dan kedalaman mencapai 8 meter, hingga bisa dilayari sampai 700 kilo meter.

Sungai Barito Kalteng
Sungai Barito Di Provinsi Kalimantan Tengah | Sumber Gambar Wikipedia

Letak dan Batas Wilayah Kalimantan Tengah

Sesuai dengan namanya, Kalimantan Tengah berada di tengah-tengah pulau Kalimantan. Dan sebagai poros penghubung antar provinsi-provinsi yang ada di Pulau Kalimantan. Dengan letaknya yang strategis ini, sehingga dulu masa pemerintahan Presiden pertama Indonesia, direncanakan sebagai Ibu Kota Negara Indonesia di masa depan.

Untuk batas-batas wilayah Kalimantan Tengah, yaitu meliputi :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Kaltim dan Kalsel
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kalbar

Kalimantan Barat

Peta Kalimantan Barat

Peta Provinsi Kalbar
Peta Kalimantan Barat | Sumber Google

Geografis dan Demografis Kalimantan Barat

Kalimantan Barat atau dikenal dengan Kalbar, merupakan provinsi pulau kalimantan dengan Ibu Kota Pontianak. Provinsi ini terletak di bagian barat Pulau Kalimantan, bersebelahan langsung dengan negara bagian Serawak (Malaysia). Provinsi Kalbar memiliki luas 7,53 % luas Indonesia, yaitu tepatnya 146.807 kilometer persegi. Merupakan provinsi terluas ke-empat setelah Papua, Kaltim dan Kalteng.

Secara geografis, Kalbar terletak di antara garis 2º08′ Lintang Utara dan 3º02 Lintang Selatan, serta diantara 108º30′ BT dan 114º10′ BT. Secara spesifik, provinsi Kalbar dilewati garis khatulistiwa (garis lintang 0º), tepatnya di atas kota Pontianak. Karena pengaruh letak geografis tersebut, provinsi Kalbar salah satu daerah tropik dengan suhu udara cukup tinggi dan di iringi dengan kelembapan yang tinggi. Dan jumlah penduduk Kalbar, pada sensus tahun 2016 mencapai 5.365.256 jiwa, dengan tingkat kepadatan penduduk, yaitu 36,43 jiwa perkilometer persegi.

Letak dan Batas Wilayah Kalimantan Barat

Provinsi Kalbar merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Berikut batas-batas wilayah provinsi Kalimantan barat, yaitu meliputi :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Serawak Malaysia Timur
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Kaltim dan Kalteng
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Natuna, Selat Karimata dan Semenanjung Malaysia

Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Peta Provinsi Kalimantan Selatan
Peta Kalimantan Selatan | Sumber Google

Geografis Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan atau dikenal dengan sebutan Kalsel, adalah salah satu provinsi Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan dan Ibu Kotanya adalah Banjarmasin. Berdasarkan historisnya, Kalsel sebelum terbentuk menjadi provinsi merupakan wilayah karisidenan Kalimantan Selatan. Kalau melihat pada Peta Pulau Kalimantan, dimana Provinsi Kalsel secara geografis terletak di ujung tenggara pulau Kalimantan. Dan memiliki dataran rendah dibagian barat serta pantai timur. Sedangkan untuk dataran tinggi yang terbentuk oleh pegunungan meratus berada di tengah.

Sebagai ciri khas geografis kalimantan selatan, untuk membedakannya, yaitu dataran tinggi dan rendah. Untuk wilayah dataran rendah, berupa lahan gambut dan rawa. Sehingga dataran rendahnya memiliki kekayaan alam hayati dari air tawar. Sedangkan untuk kawasan dataran tinggi, masih berupa hutan tropis yang alami dan dilindungi oleh pemerintah, sehingga kaya akan satwa alamnya.

Demografis Kalimantan Selatan

Budaya Pasar Apung Mura Kuin Kalsel
Pasar Terapung Muara Kuin – Kalsel | Sumber Wikipedia

Provinsi Kalimantan Selatan terkenal dengan julukan Bumi Lambung Mangkurat, dengan jumlah penduduk mencapai 3.920.393 Jiwa. Dan dengan total luas wilayah sekitar 37.530,52 kilometer persegi, dengan tingkat kepadatan penduduk 105 jiwa perkilometer persegi.

Provinsi ini di dominasi oleh suku alsi kalimantan selatan, yaitu suku Banjar sekitar 2.914.420 Jiwa. Selanjut disusul oleh suku jawa, sekitar 1.005.973 jiwa, kebanyakan menempati kawasan transmigrasi. Secara Administratif, provinsi Kalsel terbagi menjadi sebelas Kabupaten dan dua Kota, yaitu :

  1. Kabupaten Balangan dengan Pusat Pemerintahan di Paringin
  2. Kabupaten Banjar dengan pusat pemerintahan di Martapura
  3. Kabupaten Barito Kuala, pusat pemerintahan di Marabahan
  4. Kabupaten Hulu Sungai Selatan, pusat pemerintahan di Kandangan
  5. Kabupaten Hulu Sungai Tengah, pusat pemerintahan di Barabai
  6. Kabupaten Hulu Sungai Utara, pusat pemerintahan Amuntai
  7. Kabupaten Kota Baru, pusat pemerintahan di Kotabaru
  8. Kabupaten Tabalong, pusat pemerintahan di Tanjung
  9. Kabupaten Tanah Bumbu, pusat pemerintahan di Batulicin
  10. Kabupaten Tanah Laut, pusat pemerintahan di Pelaihari
  11. kabupaten Tapin, pusat pemerintahan ada di Rantau

Sedangkan dua kota administratif di Provinsi Kalsel, yaitu Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Semoga paparan mengenai tentang peta pulau kalimantan dan penjelasan secara geografis dan demografis masing-masing provinsi yang ada di Pulau Kalimantan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Peta Kalimantan