Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Rambut

Menjaga Kesehatan Rambut – Rambut terbentuk dari protein yang kita makan. Dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Serta menjaga kebersihan rambut. Merupakan poin penting agar rambut Anda senantiasa indah dan sehat.
Selain hal itu, perlakukan rambut secara baik dan benar. Terutama saat mencuci, mengeringkan dan menata rambut. Tindakan ini juga akan mempengaruhi kesehatan rambut.

 

merawat_dan_menjaga_kesehatan_rambut
merawat dan menjaga kesehatan rambut

Menjaga Kesehatan Rambut

Agar rambut senantiasa sehat, membutuhkan perawatan dan berikut tahap-tahapnya;

Tahap Mencuci Rambut

1. Rambut jangan terlalu sering dicuci dan pilih shampo yang bagus.

Terlalu sering mencuci rambut bisa menyebabkan kekeringan. Kelembapan alami rambut bisa hilang bahkan rambut bisa rusak. Usahakan keramas rambut paling banyak tiap hari, atau cukup dua kali dalam seminggu.

2. Hindari penggunaan shampo yang mengandung Sulfat atau Paraben.

Sulfat adalah bahan kimia pada shampo, yang menimbulkan busa pada saat keramas. Sedangkan Paraben adalah bahan pengawet pada shampo. Zat pengawet ini bisa menimbulkan iritasi dan gangguan pada mata. Apabila digunakan dalam waktu yang cukup lama. Kedua bahan kimia ini, tidak baik untuk kesehatan Anda. Sebaiknya gunakan shampo dengan kandungan pembersih alami.

    • Pilih shampo yang cocok dengan jenis rambut Anda dan mengandung minyak alami.
    • Jenis rambut lurus dan berminyak, membutuhkan shampo yang dirancang agar bisa digunakan setiap hari.
    • Rambut yang diwarnai membutuhkan shampo yang diperkaya kandungan ekstrak atau asam amino.
    • Untuk jenis rambut kering, membutuhkan shampo dengan kandungan Gliserin dan Kolagen untuk mengembalikan kelembapan pada rambut.

3. Hati-hati penggunaan produk perawatan rambut dengan kandungan protein yang banyak

Terlalu banyak kandungan protein bisa menimbulkan rambut terasa kering dan rapuh, sedangkan protein dibutuhkan untuk pertumbuhan kesehatan rambut, untuk mengatasinya gunakan kondisioner dengan kandungan bahan-bahan yang seimbang untuk menjaga kesehatan rambut

4. Bilas rambut dengan campuran cuka sari apel

Sebulan sekali dengan melakukan hal ini, membuat rambut Anda akan lebih kemilau, bersih dan kesehatan rambut terjaga, karena campuran cuka sari apel bisa menghilangkan ketombe. Gunakan 1 bagian cuka sari apel dicampur dengan 3 bagian air hangat, bilaskan pada rambut kemudian cuci seperti biasa.

Cuka sari apel aromanya sangat kuat, tapil bisa hilang setelah Anda keramas.

Tahap Penggunaan Kondisioner

1. Pilih Kondisioner Sesuai dengan Jenis Rambut

Gunakan kondisioner yang cocok dengan jenis rambut, baik rambut panjang atau rambut yang diwarnai. Idealnya, pemakaian kondisioner tiap kali rambut dikeramas. Untuk rambut yang diwarnai perlu penggunaan kondisioner dan perawatan yang ekstra agar kesehatan rambut tetatp terjaga.

2. Rawat Rambut Anda dengan Benar sesuai kondisi dan jenis Rambut

Untuk jenis rambut yang tipis, gunakan minyak alami seperti lavender untuk dioleskan ke rambut sebelum Anda keramas, setelah itu dicuci dengan shampo, oleskan kondisioner mulai dari tengah rambut sampai ujung rambut, biarkan sebentar sebelum dicuci/dibilas.

Untuk rambut yang sedang dan tebal gunakan pelembab alami, oleskan kondisioner ke seluruh rambut Anda dan biarkan 2-3 menit.

3. Melembapkan Rambut Anda

Gunakan lima minyak untuk melembapkan rambut Anda, yaitu; minyak almond, minyak jarak, minyak kelapa dan minyak lavender, campurkan dengan proporsi yang sama untuk di oleskan ke rambut Anda, biarkan selama 4 jam sebelum Anda mandi, lakukan dua kali dalam seminggu.

Tahap Pengeringan Rambut

1. Gunakan Sisir Bergerigi Jarang untuk Rambut Basah

Rambut dalam kondisi basah itu rapuh dan mudah patah, jangan langsung disisir, semprotkan kondisioner ke rambut Anda, setelah itu gunakan sisir bergerigi jarang untuk menghilangkan rambut yang tersimpul dan menghaluskannya.

    • Sebagai alternatif bisa menyisir rambut kondisi basah menggunakan jari Anda.
    • Rambut basah disisir secara bertahap, sedikit-sedikit dari ujung rambut.
    • Untuk rambut keriting bergelombang, pastikan rambut dalam kondisi lembab dan licin karena kondisioner, baru disisir secara bertahap dari ujung rambut.

2. Gunakan Handuk Microfiber atau T-Shirt Katun Sebagai Pengganti Handuk Biasa

Setelah selesai mandi, bungkus rambut basah Anda dengan T-Shirt katun, menggunakan handuk biasa yang kasar membuat rambut kusam dan bercabang pada ujungnya. Untuk hasil yang lebih baik, bisa menggunakan handuk Microfiber yang lebih lembut dan halus.

3. Biarkan Rambut Mengering Secara Alami

Apabila cukup waktu, biarkan rambut basah Anda mengering secara alami, hal ini membuat rambut Anda lebih sehat untuk jangka panjang. Hindari penggunaan pemanas pengering rambut, bisa meyebabkan kerusakan pada rambut.

Tahap Cara Menata Rambut

1. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut Anda

Menyisir atau menyikat rambut bisa menstimulasi folikel mendorong pertumbuhan, akan tetapi terlalu sering menyikat rambut menyebabkan kerusakan pada helai rambut, rambut jadi kusut dan bercabang pada ujungnya.

2. Gunakan Produk Perawatan Anti Frizz Pada Rambut

Untuk menata rambut yang keriting tidak teratur agar lebih lurus dan tertata, bisa menggunakan produk Anti Frizz secukupnya, jangan terlalu banyak bisa menyebabkan rambut kusam.

3. Memotong Rambut Secara Teratur

Untuk menghilangkan rambut bercabang pada ujungnya, potong secara teratur, hal ini bisa dilakukan sendiri.

 

Demikian cara merawat dan menjaga kesehatan rambut, semoga bermanfaat. Terimakasih