Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga

cara agar bunga anggrek cepat berbunga

Cara Agar Bunga Anggrek Cepat Berbunga – Bunga anggrek memang memiliki pesona tersendiri dibandingkan bunga hias lainnya. Apalagi ketika berbunga mampu bertahan lama.

Namun tak sedikit pecinta anggrek yang mengeluhkan anggreknya lama berbunga. Apalagi seorang pemula yang baru menanam anggrek, banyak yang mengeluhkan akan hal itu.

Bagaimana caranya agar anggrek cepat berbunga? Tentu banyak faktor yang menjadi penyebab tanaman hias ini menjadi rajin dan cepat berbunga.

Faktor pertama adalah dalam memilih media tanam yang baik untuk anggrek. Dan setelah mengetahui media tanam yang baik, tentu langkah selanjutnya yaitu cara menanam bunga anggrek itu sendiri.

Terkait media tanam yang baik dan cara menanam bunga anggrek untuk pemula sekalipun sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Cara Merawat Bunga anggrek Agar Cepat Berbunga

cara agar anggrek rajin berbunga
Sumber Gambar: Bukalapak

Setelah kita menanam bunga anggrek tentu yang diharapkan anggrek cepat berbunga. Hal ini terkait dengan perlakuan terhadap tanaman anggrek.

Bagaimana cara memperlakukan anggrek dengan baik seperti perawatan, pemeliharaan, penempatan pada tempat yang benar agar cepat berbunga? Bisa Anda cermati kiat-kiat berikut ini:

1. Posisikan Pada Tempat Yang Benar.

Pengertian disini yaitu menempatkan anggrek di tempat yang benar sesuai jenis anggrek yang Anda miliki.

Contoh anggrek bulan tidak membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak, namun hanya butuh sekitar 20 persen saja. Berbeda dengan anggrek dendrobium yang membutuhkan intensitas matahari sekitar 55 persen hingga 65 persen.

Terkait hal ini bisa Anda perhatikan pada pertumbuhan daunnya. Untuk contoh, jenis anggrek bulan apabila warna daunnya berwarna hijau menandakan mendapatkan intensitas sinar matahari yang cukup. Namun jika berwarna hijau kecoklatan kurang mendapatkan sinar matahari. Jika warna daun kecoklatan berarti mendapatkan sinar matahari berlebihan hingga warna daun seperti terbakar.

Intensitas sinar matahari sangat mempengaruhi perkembangan anggrek. Jadi sesuaikan dengan jenis anggreknya agar berkembang dengan baik hingga cepat berbunga.

2. Jaga Sirkulasi Udara

Tempatkan tanaman anggrek di tempat yang bisa mendapatkan sirkulasi udara yang bagus. Hal ini merupakan salah satu faktor yang cukup mempengaruhi pertumbuhan anggrek.

Karena sirkulasi udara yang bergerak membuat tanaman anggrek merasa sejuk, membantu penguapan untuk menghilangkan kelebihan air pada medianya, serta mengantarkan unsur-unsur yang diperlukan untuk berasimilasi.

3. Kelembapan Udara

Kelembapan juga merupakan kebutuhan utama tanaman anggrek. Kelembapan dapat ditingkatkan dengan membasahi di sekeliling tanaman anggrek.

Kelembapan yang baik untuk pertumbuhan anggrek tidak kurang dari 70% dan tingkat kelembapan udara sekitar 50% anggrek bisa tumbuh dengan cukup bagus, namun tidak sebaik pada kelembapan 70%.

Tingkat kelembaban tinggi bukan berarti anggrek akan gampang terkena penyakit. Seperti penyakit busuk daun dan busuk tunas.

Saat anggrek dengan suburnya tumbuh di alam dan basah karena hujan, namun 2 jam kemudian kering kembali. Ini mengindikasikan bahwa tanaman anggrek ini tidak menyenangi kondisi basah kelebihan air.

4. Fotoperioditas.

Fotoperioditas ialah waktu pencahayaan matahari terhadap tanaman hias anggrek. Faktor ini yang akan merangsang pertumbuhan anggrek hingga cepat berbunga. Karena munculnya bunga anggrek salah satunya dipengaruhi oleh fotoperioditas ini.

Intensitas sinar matahari dengan waktu lama atau pendek terhadap tanaman hias anggrek akan berdampak terhadap sintesis hormon florigen (hormon tumbuh yang memicu pembentukan bakal bunga).

Saat periode gelap lebih lama ketimbang terang, sintesis hormon florigen lebih banyak dan bakal tanaman anggrek akan tumbuh lebih cepat.

5. Faktor Genetis.

Untuk merawat bunga anggrek agar cepat berbunga ialah pilih anggrek dengan genetika yang bagus. Pertumbuhan anggrek juga amat ditentukan oleh faktor genetis.

Faktor genetis yaitu faktor yang diturunkan oleh induk anggrek kepada anaknya. Faktor genetis ini yang membedakan antar jenis anggrek.

Ada anggrek yang rajin berbunga, malas berbunga, berbunga besar, atau berbunga kecil, tumbuh tinggi, pendek, berdaun banyak, dan ada juga berdaun sedikit. Faktor genetis tanaman hias anggrek dapat diperbaiki dengan cara persilangan antar jenis

Faktor-faktor Agar Bunga Anggrek Cepat Berbunga

Secara singkat, berikut faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anggrek hingga rajin berbunga:

  • Rumah lindung yang cocok. Anggrek harus ditaruh dalam rumah yang intensitas cahanya 50 – 70 %, maka atap dari rumah lindung harus diberi paranet.
  • Penyusunan anggrek. Supaya anggrek rajin berbunga juga harus diperhatikan penyusunan tanamannya, sebaiknya penyusunan rak-rak anggrek ditaruh datar dengan ketinggian 1 m dan jangan ditaruh berjenjang sebab akan mengganggu sirkulasi udara.
  • Kelembaban udara. Supaya anggrek rajin berbunga diperlukan kelembaban antara 60-80%. Supaya kelembaban tetap terjaga dibawah rak bisa dibikin kolam atau dibuat kabut didalam rumah lindung dengan cara pemasangan sprinkle.
  • Media tanam. Media tanam yang baik membuat anggrek rajin berbunga dan media tanam tersusun 2 bagian. 1/3 bagian bawah diisi dengan potongan batu bata dan 2/3 sisanya pake pakis.
  • Penggunaan POT. Pemilihan wadah tanam atau pot memengaruhi pertumbuhan anggrek hingga rajin berbunga. Yang paling ideal pot yang digunakan ialah pot yang terbuat dari tanah liat dan banyak lobangnya.
  • Supaya anggrek rajin berbunga sangat perlu diperhatikan masalah kandungan air dari medianya. Bila cuaca panas dibutuhkan penyiraman 2 kali dan bila cuaca hujan tidak harus melalukan penyiraman. Yang amat perlu diperhatikan ialah kadar air media. Waktu penyiraman yang pas ialah jam 07-09 pagi dan jam 03-05 sore.
  • Pemupukan supaya anggrek rajin berbunga yaitu dengan pemberian pupuk dengan kandungan unsur hara P yang tinggi. Pemupukan bisa diberikan melalui penyemprotan/ penyiraman bisa juga memakai pupuk slow rilis yang ditaburkan pada media tanam anggrek.
  • Pemberian ZPT atau Hormon. Untuk membuat anggrek rajin berbunga kadang dibutuhkanpemberian ZPT atau hormon. Yang dapat dipakai untuk memacu pembungaan anggrek ialah Bisa juga dipakai air kelapa dengan konsentrasi 15 % (150 ml air kelapa dibuat larutan semprot 1 liter)
  • Pengendalian hama dan penyakit. Pengendalian hama dan penyakit merupakan salah satu cara merawat bunga anggrek agar rajin berbunga. Anggrek juga takan luput dari serangan hama dan penyakit. Pengamatan tiap hari ialah cara paling tepat untuk mencegah serangan hama dan penyakit anggrek. Untuk membuat anggrek rajin berbunga tanaman hias anggrek harus dibersihkan dari kotoran, gulma dan daun-daun busuk. pemakaian insektisida bila terserang hama, fungisida bila terserang jamur dan bakterisida bila terserang bakteri.

Demikian artikel singkat mengenai tips-tips agar bunga anggrek rajin berbunga. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua.

Cara Agar Bunga Anggrek Cepat Berbunga

x