Cara Hide Wifi Indihome Supaya Mudah Diakses Dan Aman

Cara Hide Wifi Indihome – Menyembunyikan wifi atau istilahnya hide wifi adalah mengatur nama wifi (SSID Name) jadi tersembunyi. Wifi aktif tapi tidak kelihatan. Pengaturan hide wifi dimana wifi internet tetap bisa digunakan. Ini merupakan pengaturan supaya nama wifi tidak diketahui secara umum.

Misal dalam rumah Anda berlangganan wifi indihome. Dan ingin mengkontrol penggunaan wifi. Supaya pada waktu tertentu nama wifi yang lain dimatikan dan Anda menggunakan wifi yan tersembunyi (Hide Wifi).

Untuk melakukan pengaturan ini Anda harus masuk ke webpanel modem yang Anda gunakan. Bila Anda pengguna wifi indihome, biasanya menggunakan modem zte f609 Indihome. Namun untuk modem lain juga bisa diterapkan pengaturan ini.

Cara Hide Wifi Indihome

Berikut langkah-langkah pengaturannya:

1. Masuk ke Webpanel modem; ketikkan IP Gateway modem pada URL Browser yaitu 192.168.1.1 (Tampilan seperti gambar di bawah ini)

cara hide wifi indihome
Tampilan Webpanel Modem ZTE F609

2. Gunakan data login berikut; username: “user” dan password: “user”. Bila ingin masuk webpanel sebagai admin, dapatkan data login f609 wifi indihome.

3. Setelah masuk webpanel modem, pilih Network > WLAN > SSID Settings

cara hide wifi indihome
Tampilan Pengaturan Hide Wifi

Misal memilih SSID3. Pada “Hide SSID” dan “Enable SSID” di-checklist seperti gambar di atas.

Pada SSID Name atau nama wifi, misal dengan nama “SSID3”. Setelah itu Klik “Submit” untuk menerapkan pengaturan Hide Wifi.

Setelah Anda klik “Submit” koneksi wifi Anda akan terputus. Silahkan Connect kembali dan masuk ke webpanel modem seperti langkah-langkah di atas.

Masuk ke pengaturan “Security” yaitu pengaturan wifi password. Sebenarnya dengan memilih Open System (wifi tidak dipassword) cukup aman dari penggunaan tanpa ijin.

Pengaturan “Open System” (wifi tidak dipassword) masuk ke Network > WLAN > Security. Pada “Authentication Type” pilih “Open System”, jangan lupa klik “Submit” untuk menerapkannya.

Perlu diingat, bila ingin wifi tidak di-password sebaiknya pilih nama wifi yang unik tidak mudah ditebak, hanya Anda yang mengetahui.

Untuk connect ke hidden wifi yang tidak terlihat, saat memilih wifi network pilihlah “Other network” dan ketikkan SSID Name yang telah Anda buat.

Apakah dengan langkah hide wifi tanpa dipassword aman dari penggunaan tanpa ijin? Tentu sangat aman, seperti yang sudah dijelaskan diatas menggunakan nama SSID yang mudah tapi unik dan sulit ditebak.

Pada beberapa aplikasi android yang katanya bisa menampilkan SSID yang tersembunyi hanyalah sebuah aplikasi saja, tanpa bisa mendeteksi HideWifi.

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

x