Cara Logout Akun Google Atau Akun Gmail

Cara Logout Akun Google – Beberapa hari yang lalu, ibu dari teman anak saya mengalami kesulitan saat mau logout akun Google di komputer warnet. Setelah selesai mengerjakan tugas Anaknya yang masih kelas satu, untuk dikirimkan ke Gurunya.

Bagi yang sudah tahu dan terbiasa mungkin bukan hal sulit untuk logout akun Gmail. Namun, bagi yang belum tahu atau sudah lupa tidak lah demikian, mungkin sedikit lupa hingga kesulitan.

Logout dari akun google yang telah digunakan pada komputer seperti warnet itu wajib, demi keamanan akun Anda.

Cara Login dan Logout Akun Google Melalui Komputer

Mengingat akun yang kita miliki pada google adalah hal yang privasi, tentu setelah selesai menggunakan sebaiknya di logout untuk menjaga keamanan privasi Anda.

Berikut panduan yang bisa Anda ikuti bila lupa dan kesulitan untuk login dan logout akun google melalui PC atau komputer :

Login Akun Google Melalui Komputer :

Apabila Anda akan akan mengirim berkas atau dokumen lewat gmail tentu harus masuk / login ke akun google Anda. Berikut langkah-langkanya:

1. Buka Browser Anda (Contoh pada Chrome), ketikan google.co.id pada ‘Address Bar’ dan akan tampak seperti gambar dibawah :

cara logout akun google

2. Selanjutnya Klik tombol ‘Login‘ dan masukan email atau ponsel Anda. Contoh akan Login pada akun ‘gud.viral@gmail.com’ dan Klik tombol ‘Berikutnya‘.

cara logout akun google

3. Setelah itu akan diminta memasukan password akun google Anda, lalu klik tombol ‘Berikutnya‘.

4. Hingga sampai sini Anda sudah masuk atau login pada akun google Anda. Untuk masuk ke email tinggal Klik menu ‘Gmail‘ Contoh seperti pada gambar dibawah ini:

cara logout akun google

Logout Akun Google Melalui Komputer

Saat login pada akun google lewat browser untuk kirim email lewat akun gmail Anda, bagi yang masih awam setelah selesai digunakan browser akan ditutup / close begitu saja.

Dengan begitu akun google Anda masih dalam kondisi login biarpun browser sudah ditutup atau di close.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan pada akun Anda, sebaiknya pastikan untuk logout dengan benar setelah selesai digunakan, apalagi kalau di komputer umum seperti warnet.

Berikut langkah-langkah untuk logout dari akun Google setelah selesai digunakan :

1. Buka Gmail atau buka browser yang digunakan untuk login akun google.

2. Setelah terbuka, klik pada ‘foto‘ di pojok kanan atas dan akan keluar menu, kemudian klik tombol ‘keluar‘.

3. Tunggu sesaat hingga proses logout selesai, setelah itu browser di close atau ditutup. Sampai sini proses logout akun google Anda setelah selesai digunakan sudah berhasil.

Demikian cara login dan logout akun google melalui komputer.

Sedangkan logout akun google pada HP apakah langkah-langkahnya sama? Secara mendasar sebenarnya sama, tapi karena medianya berbeda mungkin sedikit bingung bisa ikuti panduan dibawah ini:

Cara Logout Akun Gmail Di HP Android

Ketika akan ganti HP, sebaiknya akun google Anda yang sudah dikaitkan pada HP Android dihapus agar akun google tidak disalahgunakan.

Dengan menghapus akun google lewat menu pengaturan di HP Android, secara otomatis akun google yang terkait dengan aplikasi gmail akan keluar atau Logout.

Berikut langkah-langkah menghapus akun google pada HP Android :

1. Buka menu ‘Pengaturan

Menu HP Android

2. Setelah masuk ke Menu ‘Pengaturan‘, pilih menu ‘Akun

3. Sudah masuk pada menu ‘Akun‘, lalu Tap pada menu ‘Google‘ untuk kelola akun google

4. Selanjutnya Anda akan masuk ke menu ‘Kelola Akun Google Anda‘, Tap pada akun Google Anda hingga masuk ke ‘Pengaturan sinkronisasi‘. Selanjutnya Klik menu ‘Lainnya > Hapus akun’

Sampai langkah sini akun gmail pada HP Android Anda otomatis sudah terhapus dan juga sign out atau keluar dari aplikasi gmail.

Demikian artikel singkat mengenai cara logout akun google melalui Komputer dan HP Android, semoga bermanfaat untuk kita semua.

x