Cara Melewati Internet Positif

Cara Melewati Internet Positif – Saat browsing di Internet dan membuka website malah masuk ke website lain disertai keterangan Internet Positif pada halamannya? Itu tandanya website yang Anda buka terdampak oleh Internet Positif.

Internet Positif adalah program kominfo untuk membatasi atau memblokir website dengan konten yang tidak layak untuk dimuat, umumnya yang mengandung konten negatif.

Setiap tampilan dari halaman peringatan Internet Positif tentu bisa berbeda, tergantung dari penyedia jasa Internet yang Anda gunakan.

Contoh, untuk pengguna jasa Internet Indihome bila website yang Anda buka terdampak program ini akan diberi peringatan Internet Positif dari halaman website uzone. Dan tiap ISP atau penyedia jasa internet memiliki halaman peringatan internet Positif yang berbeda-beda.

Namun terkadang website yang tidak bersalah dan bersih dari konten negatif bisa terdampak program ini. Bagaimana caranya untuk mengatasi hal tersebut agar tetap bisa mengakses website yang terblokir?

Sebenarnya banyak tools yang menyediakan secara gratis, namun banyak yang tidak berfungsi saat dicoba. Berikut beberapa cara dan tools yang sudah terbukti berfungsi untuk melewati Internet Positif.

Cara Melewati Internet Positif

Menggunakan Extension AnonymoX

Dengan Extension ini, website yang terblokir bisa dilewati dengan cukup mudah. Anda harus mencoba Extension ini dan silahkan lihat hasilnya.

Di versi gratisnya tersedia sepuluh server untuk menjaga privasi Anda yang diberikan oleh pihak AnonymoX baik Extension di Google Chrome maupun Add On pada Mozila Firefox.

Untuk mendapatkan server yang lebih banyak, Anda harus berlangganan yang versi Pro. Menggunakan Extension ini untuk melewati internet positif cukup mudah dan berikut langkah-langkahnya:

Menambahkan pada browser Mozila Firefox :

Buka browser mozila Anda, ketik pada url address https://addons.mozilla.org, setelah terbuka ketikan ‘anonymox‘ pada kolom pencarian. Setelah ditemukan, silahkan klik Add to firefox > Add

cara melewati internet positif

Setelah extension berhasil ditambahkan, pada browser mozila akan terdapat ikon dengan logo ‘X’ untuk mengakses panel dari anonymoX.

cara melewati internet positif
Logo X dari Anonymox

Untuk mengaksesnya tinggal klik pada ikon ‘X’, setelah masuk klik pada tombol ‘Active’ untuk On/Off dan pilihan server ada di bawahnya. Seperti pada gambar di bawah ini:

Kini browser Mozila Anda telah siap digunakan untuk membuka website yang terdampak oleh program kominfo ini.

Menambahkan pada Browser Chrome :

Buka Chrome Anda dan ketik https://chrome.google.com/webstore/ pada URL Address dan akan masuk pada halaman Chrome Web Store.

Setelah itu ketik anonymox pada kolom pencarian dan selanjutnya tinggal klik pada tombol ‘Tambahkan ke Chrome’. Untuk seperti gambar di bawah ini:

cara melewati internet positif
Tampilan Chrome Web Store

Pada Chrome pun demikian, akan muncul ikon ‘X’ pada sisi kanan atas untuk mengakses anonymoX panel.

Untuk megakses panel klik ikon ‘X’, lalu pilih server yang digunakan dan geser tombol On untuk mengaktifkan dan geser Off untuk mematikannya.

Cukup mudah bukan? Silahkan buka website yang terekena filter Internet Positif dan lihat hasilnya …

Menggunakan versi gratis tentu ada konsekuensi-nya. Dengan mengaktifkan extension ini akan ada iklan berjalan dari anonymox pada browser Anda. Namun iklan tersebut masih batas wajar dan tidak terlalu menggangu, bila tidak dibutuhkan bisa di nonaktifkan sementara.

x