Cara Menghidupkan Wifi Di Laptop

Cara Menghidupkan Wifi Di Laptop – Saat ini peralatan elektronik seperti komputer pribadi, laptop, ponsel pintar, tablet atau pemutar audio digital sudah dilengkapi dengan adapter WiFi.

WiFi merupakan teknologi dengan memanfaatkan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel melalui jaringan radio, contohnya WiFi pada laptop untuk koneksi internet kecepatan tinggi.

Bila laptop Anda sudah dilengkapi dengan WiFi, tentu bisa terhubung dengan Internet melalui titik akses jaringan nirkabel, titik akses disebut juga dengan Hotspot.

WiFi yang terdapat pada laptop tidak harus aktif setiap saat, tentu bisa diatur penggunaannya. Apabila akan digunakan bisa mengaktfikan terlebih dahulu dan bisa dimatikan bila tidak digunakan, langkah ini dilakukan untuk menghemat baterai laptop.

Bagaimana cara untuk mengatur hal itu? Serta cara menghubungkan Laptop ke Internet dengan sambungan WiFi?

Cara Menghidupkan Wifi Di Laptop

Saat ini semua tipe laptop sudah dibekali dengan WiFi, dengan perangkat ini memudahkan kita bertukar data atau terhubung dengan Internet kecepatan tinggi melalui akses point atau hotspot.

Setiap merk laptop bisa berbeda cara untuk mengaktifkan fitur WiFi ini, tetapi secara mendasar tetap sama. Dalam keyboard akan ada petunjuk dengan logo WiFi yang sama, agar memudahkan pengguna atau user.

Berikut beberapa cara untuk mengaktifkan WiFi pada Laptop:

Menggunakan Tombol FN+F12

Untuk beberapa laptop yang tidak memiliki tombol khusus untuk WiFi, bisa menggunakan tombol function pada keyboard, yang disematkan pada tombol F1 hingga F12.

Apabila logo wifi berada di tombol F12, Anda tinggal menekan tombol kombinasi FN+F12 untuk mengaktifkan, sedangkan untuk menonaktifkan tinggal pencet lagi tombol FN+F12.

Ketika adapter wifi belum di aktifkan akan nampak seperti gambar dibawah ini:

cara menghidupkan wifi di laptop

Setelah menekan tombol FN+F12  adapter WiFi akan aktif dan tanda silang pada ikon wireless akan hilang. Untuk menghubungkan dengan internet, silahkan Klik ikon wireless tersebut untuk menghubungkan dengan jaringan internet lewat hotspot yang Anda miliki.

Mengaktifkan Dengan Tombol WiFi

Beberapa jenis laptop, ada yang memiliki tombol khusus untuk mengaktifkan adapter WiFi. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi pengguna laptop, untuk mengaktifkannya tinggal pencel tombol WiFi.

Tombol WiFi ini biasanya terletak di atas keyborad pada laptop Anda, namun ada juga yang letaknya di sampimg keyboard tergantung jenis laptop yang Anda miliki.

cara menghidupkan wifi di laptop

Untuk menghidupkan dan mematikan adapter WiFi tinggal pencet tombol WiFi. Dan setelah aktif Anda bisa klik pada ikon wireless untuk konek ke internet lewat hotspot yang Anda miliki. Ikon wireless ini terletak di bawah sisi kanan pada layar laptop Anda.

Cukup mudah bukan? Untuk menghidupkan adapter Wifi tinggal pencet tombol wifi.

Mengaktifkan WiFi Dengan Windows Mobility Center

Cara ketiga yaitu dengan tool yang tersedia pada windows yaitu Windows Mobility Center. Jika dari kedua cara di atas tidak bisa di aplikasikan pada laptop Anda, bisa mengaktifkan dari utility windows ini.

Caranya yaitu:

  1. Pada Windows 7. Buka ‘Start’ > Control Panel > Pilih Control Panel All Items > Windows Mobility Center.
  2. Sedangkan pada Windows 8. Geser kursor sisi kanan layar, pilih opsi Settings > Control Panel
  3. Setelah masuk di Control Panel, pilih opsi ‘Adjust commonly used mobility settings‘ berada di bawah kategori ‘Hardware and Sound‘.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela baru berisi ikon Display, Sound, Battery, Wireless Network dan lainnya.
  5. Silahkan klik tombol pada ikon Wireless Network, ‘Turn wireless On’ untuk mengaktifkan dan ‘Turn Wireless Off’ untuk menonaktifkan WiFi pada laptop Anda.
  6. Setelah itu Anda cek pada taskbar disebelah kanan bawah, apabila sudah ada ikon wireless itu tandanya adapter Wifi siap digunakan atau aktif.
cara menghidupkan wifi di laptop
Windows Mobility Center

Demikian tiga cara untuk mengaktifkan WiFi pada laptop. Namun apabila dari ketiga cara di atas, WiFi pada laptop Anda tetap tidak aktif bisa disebabkan karena belum di instal driver dari adapter wifi laptop.

Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop Windows 8

Pada laptop yang sudah menggunakan operasi sistem Windows 8, sudah tersedia pengaturan Wifi sehingga akan lebih mudah untuk menghidupkan dan mematikan adapter WiFi.

Berikut langkah-langkah untuk menghidupkan WiFi pada Windows 8:

  1. Geser kursor ke sisi kanan layar laptop hingga muncul Chams Bar, lalu pilih Settings.
  2. Lalu pilih opsi ‘Change PC Settings‘ dan pilih ‘Network‘.
  3. Apabila ‘Airplane Mode‘ menyala silahkan matikan dahulu. WiFi tidak bisa aktif di Airplane Mode.
  4. Selanjutnya pada ‘Wireless Device’ nyalakan opsi ‘WiFi’

Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop Windows 10

Pada Windows 10 pun demikian, memiliki pengaturan sendiri untuk mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi yang aksesnya tentu memudahkan pengguna.

Bagi yang mengunakan Windows 10 bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik ikon Center di taskbar bawah sisi kanan, lalu klik ikon ‘Network
  2. Setelah itu muncul Pop Up WiFi, untuk mengaktifkannya klik Ikon WiFi yang ada di bawahnya.
  3. Setelah itu Wifi akan aktif untuk menghubungkan ke jaringan internet yang Anda miliki.
  4. Apabila Airplane Mode aktif, silahkan matikan dahulu karena WiFi tidak bisa aktif di mode ini.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Mendeteksi WiFi

Apabila dengan cara-cara di atas sudah dijalankan, namun adapter wifi tetap tidak bisa aktif. Silahkan Anda cek apakah Driver dari WiFi sudah di instal dengan benar sesuai dengan merk dari adapter wifi laptop Anda.

Untuk mengecek merk adapter WiFi, bisa dilihat pada bagian bawah laptop.

Selanjutnya mengecek apakah driver WiFi sudah terinstal dengan benar bisa dilihat pada Device Manager, berikut caranya:

  1. Tekan tombol Windows+Pause Break pada keyboard laptop
  2. Setelah itu, akan masuk ke Jendela System, pilih Device Manager
  3. Setelah berada pada jendel Device Manager, pilih Network Adapter
  4. Pada Network Adapter apakah device WiFi sudah sesuai dengan merknya (Bila bermasalah akan ada tanda tanya dan tanda seru)
  5. Bila device dari adapter wifi belum terdeteksi, bisa klik kanan pada Network Adapter > Scan For Hardware Changes, nanti akan mendeteksi hardware yang ada tapi belum terdaftar di Device Manager.
  6. Biarkan sesaat, setelah terdeteksi hardware baru windows akan menginstal driver yang sesuai.
  7. Pada saat instal driver bisa Anda tekan tombol Skip. Dengan catatan Anda memiliki driver yang sesuai dengan Spesifikasi Laptop Anda
  8. Setelah di Skip, adapter Wifi yang sudah terdeteksi akan ada tanda seru atau tanda tanya. Untuk itu klik pada adapter wifi, pilih Update Driver Software > Pilih ‘Browse My Computer For Driver Software
  9. Silahkan Anda gunakan Driver yang sudah Anda miliki, biasanya CD Driver tersedia saat membeli laptop.

Demikian beberapa cara untuk mengaktifkan WiFi pada laptop, baik pada Windows 7, windows 8 dan windows 10. Serta cara mengatasi apabila Wifi tidak terdetek pada laptop. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua.

Cara Menghidupkan Wifi Di Laptop

x