Cara Menyambungkan Printer Ke Laptop, Ikuti Panduan Ini!

Cara Menyambungkan Printer Ke Laptop – Saat bekerja dengan Laptop atau Komputer, ada kalanya kita membutuhkan printer untuk mencetak hasil dari pekerjaan kita. Tentu hal yang mudah untuk menyambungkan printer ke laptop. Tinggal dicolokan kabel USB ke slot USB yang tersedia di Laptop.

Untuk kabel USB sendiri sudah tersedia satu paket dengan Printer.

Namun, ketika Printer sudah disambungkan ke Laptop belum bisa berfungsi atau tidak bisa untuk mencetak perintah dari laptop adalah hal yang sering terjadi.

Bagi yang sudah tahu caranya, permasalahan yang terjadi saat menyambungkan printer dan tidak terbaca di laptop adalah hal yang mudah untuk diselesaikan. Bagi yang belum tahu bisa cermati pada pembahasan pada artikel ini.

Saat Anda menghubungkan printer ke laptop dengan kabel USB, biasanya Windows akan mendetek adanya Hardware baru dan memulai instalasi sesaat setelah USB dicolokan.

Cara Menyambungkan Printer Ke Laptop

cara menyambungkan printer ke laptop

Secara mendasar, untuk tiap OS baik Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10 hampir sama. Pada saat artikel ini dibuat menggunakan Windows 7, berikut langkah-langkahnya:

  • Hubungkan Printer ke Laptop sesuai petunjuk dari printer yang digunakan.
  • Klik ‘Start’ > Devices And Printer > Add a Printer
  • Pada Jendela Add Printer pilih Add Local printer > ‘Use an existing port’ dan pilihlah port printer sesuai dengan yang kamu pasang ke PC kemudian klik ‘Next’.
  • Pada Jendela ‘Install the printer driver’ pilihlah model printer yang kamu gunakan kemudian klik ‘Next’. Bila Anda memiliki CD Driver dari printer bisa digunakan dengan memilih ‘Have a Disk’. Sebelumnya masukan CD Driver ke Drive ROM laptop Anda.
  • Tunggu hingga proses install driver printer benar-benar selesai
  • Setelah selesai lalu klik ‘Finish’
  • Selesaikan langkah selanjutnya dan klik ‘Finish’

Cara di atas adalah untuk printer yang dihubungkan dengan kabel USB. Bila printer yang Anda gunakan jenis printer yang dihubungkan lewat Wi-Fi, gunakan langsung ‘Add a Device’ untuk menginstall printer ke laptop Anda. Caranya seperti ini:

  • Klik ‘Start’ > Devices and Printers.
  • Setelah masuk pada jendela ‘Devices and Printers’ pilih ‘Add a Device’
  • Sebelumnya pastikan Wi-Fi dan Printer yang akan dihubungkan sudah menyala, nanti icon printer yang Anda gunakan akan muncul dan selanjutnya tinggal mengikuti instruksi yang ada.

Instal Printer Canon IP2770 Ke Laptop Tanpa CD

Untuk penginstalan printer canon dengan tipe IP2770 tanpa CD tentu bisa-bisa saja. Langkah-langkah sama seperti di atas. Hubungkan printer ke laptop dengan kabel USB printer yang tersedia, setelah terdetek adanya hardware baru yaitu printer Anda tinggal ikuti perintahnya

Agar bisa berkomunikasi antara laptop dan printer tentu perlu menginstal driver sesuai jenis printer yang digunakan. Disini, bila Anda tidak memiliki CD driver printer IP2770 bisa menggunakan driver yang sudah tersedia di Windows.

Bila driver yang sudah tersedia di Windows tidak cocok dengan printer tersebut, Anda bisa mencarinya di Internet untuk di unduh lalu simpan di Drive laptop Anda. Disini fungsi driver sangat penting, agar printer bisa berkomunikasi dengan dengan Laptop Anda.

Ternyata cukup mudah bukan? Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua.

 

x