Cara Pasang MCB 2 Jalur

Cara Pasang MCB 2 Jalur – Pasang MCB pada instalasi listrik rumah tentu bisa dilakukan sendiri, dan yang utama adalah memperhatikan keamanan disertai pengetahuan langkah-langkah cara memasang MCB.

Dimana fungsi MCB adalah sebagai proteksi rangkaian listrik bila terjadi arus lebih (Overcurrents).

MCB selain berfungsi sebagai proteksi yang bekerja secara otomatis dan manual, juga bisa difungsikan untuk membagi arus menjadi 2 jalur yang masuk ke instalasi listrik dalam rumah.

Bagaimana skema pembagian group MCB yang aman? Tentu pembagiannya tidak melebihi MCB utama yang ada di kWh meter.

Cara Pasang MCB 2 Jalur

Contoh pemasangan MCB 2 jalur ini dilakukan pada MCB utama yaitu 10 Ampere. Akan dibagi menjadi 2 jalur, dengan pembagian MCB 6 ampere dan MCB 4 ampere.

Pembagian 2 jalur MCB ini biasanya digunakan untuk rumah dua lantai, misal lantai satu menggunakan MCB 6 ampere dan lantai dua yang 4 ampere. Atau untuk keperluan pasang AC (Air conditioner)

Baca juga: 1 PK Berapa Watt? Pahami Ini Untuk Memilih Daya AC Yang Sesuai

Untuk mengetahui berapa Watt tiap besaran MCB, selengkapnya bisa baca di artikel MCB 10 Ampere berapa Watt.

1. Gambar Instalasi MCB 2 Jalur

Berikut gambar skema instalasi MCB 2 jalur yang akan kita pasang pada instalasi listrik rumah;

Mengikuti instalasi skema di atas cukup aman, karena jumlah total pada MCB baru tidak melebihi MCB induk/utama.

Harus diperhatikan, untuk memudahkan sebaiknya jalur input MCB baru 6A dan 4 A dari bawah dan output posisi di atas yang kemudian masuk ke instalasi listrik rumah.

2. Persiapan Bahan dan Alat Kelistrikan

Setelah memahami skema instalasi 2 jalur tersebut, selanjutnya siapkan bahan dan alat-alat kelistrikan untuk pemasangan, yaitu;

  • MCB 6 Ampere (kode C6)
  • MCB 4 Ampere (kode C4)
  • Jenis Kabel Listrik NYA 1 x 2,5 mm (Merah)
  • Kabel Listrik NYA 1 x 2,5 mm (Biru)
  • Obeng +/-
  • Tang kombinasi
  • Tang potong
  • Cutter pisau

Demikian bahan dan alat yang perlu disiapkan. Kita gunakan kabel merah untuk menandakan kabel phase dan kabel biru untuk kabel netral.

3. Perakitan MCB 2 Jalur

Untuk perakitannya bisa mengikuti gambar instalasi MCB 2 jalur di atas. Sebelum mengerjakan perakitan MCB, untuk keamanan sebaiknya sumber listrik dimatikan dahulu.

Berikut langkah-langkah perakitannya:

  • Membuat jumper kabel phase (merah) untuk MCB baru yaitu 6A dan 4A. Potong kabel NYA 1 x 2,5 mm (merah) kurang lebih sepanjang 6 cm, kupas pada kedua ujungnya 0,5 cm dan hubungkan pada kedua MCB dari posisi bawah seperti gambar di bawah ini:

    cara pasang mcb 2 jalur
    Kabel Jumper MCB
  • Setelah kedua MCB 6A dan 4A dijumper, hububungkan kabel Phase (merah) dari Output MCB utama dan hubungkan ke salah satu MCB baru, seperti gambar di bawah ini:
    cara pasang mcb 2 jalur
  • Setelah MCB induk/utama terhubung pada MCB baru yaitu 6A dan 4A, saat mematikan MCB induk otomatis MCB 6A dan 4A ikut mati.
  • Selanjutnya kabel phase (merah) dari dalam instalasi listrik rumah dihubungkan ke output pada MCB baru 6A dan 4A (Output posisi di atas). Seperti gambar di bawah ini;
    cara pasang mcb 2 jalur
  • Kabel Netral (Kabel biru) langsung ke beban instalasi dalam rumah.

Pembagian group mcb ini cukup efektif, misal pada rumah lantai dua terjadi gangguan sehingga menyebabkan MCB trip dan lampu padam dan lantai satu tidak terdampak karena berbeda jalur MCB.

Demikian langkah-langkah memasang sendiri MCB 2 jalur, dan yang terpenting utamakan faktor keamanan. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua.

Cara Pasang MCB 2 Jalur

x