Cara Reset Modem Indihome

Cara Reset Modem Indihome – Saat wifi indihome mengalami gangguan koneksi internet, tentu cara perbaikannya melihat penyebab permasalahannya. Misalnya perangkat kita sulit terhubung ke wifi, internet wifi terasa lemot atau wifi indihome tidak ada internet sama sekali.

Dan tips perbaikan sendiri sudah dilakukan sesuai panduan namun masalah belum terselesaikan, solusi terakhir sebelum menghubungi petugas indihome bisa mencoba dengan cara reset modem indihome.

Melakukan reset modem wifi adalah mengembalikan settingan awal modem, sehingga  kesalahan pada pengaturan modem akan teratasi.

Cara Reset Modem Indihome

Sebelum reset modem dilakukan, sebaiknya backup terlebih dahulu konfigurasi modem wifi Anda. Hal in perlu dilakukan untuk cadangan konfigurasi modem, serta untuk mengetahui nomor indihome beserta password.

1. Backup Modem Indihome Sebelum Reset

Untuk backup konfigurasi modem, berikut langkah-langkahnya;

  1. Siapkan USB dan colokkan pada port USB modem.
  2. Login ke webpanel modem, ketik 192.168.1.1 pada url browser dan Enter.
  3. Masuk ke webpanel modem dengan zte login sebagai admin bukan user.
  4. Setelah berhasil masuk webpanel, pilih Administration > System Management > USB Backup > Pilih USB Device > Start Backup.
  5. Bila USB belum terbaca, coba cabut dan colokkan kembali hingga terbaca seperti pada tampilan gambar di atas.
  6. Setelah klik ‘Start Backup’ file hasil backup tersimpan folder CfgBak pada USB. Bisa dibuka dengan aplikasi RouterPassView dari Nirsoft. Bisa Anda dapatkan secara gratis dan legal di web resminya.

2. Reset Modem ZTE F609

Tindakan reset modem bukan dengan cara menekan tombol power modem, tindakan ini adalah restart modem. Untuk reset dilakukan dengan menekan lubang reset pada modem.

Berikut langkah-langkahnya;

  • Sediakan lidi kecil atau ballpoint pen.
  • Tekan lobang reset dengan lidi kecil atau ballpoint pen, tahan 3 – 5 detik hingga power modem mati dan hidup kembali. Letak lubang reset bisa lihat gambar dibawah ini.
cara reset modem indihome
Lubang Reset Modem ZTE F609

Setelah berhasil direset, settingan modem indihome akan berubah sperti nama wifi (SSID Name), Username dan Password.

Hubungkan wifi komputer atau ponsel ke wifi indihome.

Nama wifi (SSID Name) dan Password berubah ke settingan default (Bawaan pabrik) tertera pada bagian bawah modem Anda, seperti gambar di bawah ini.

cara reset modem indihome

Selanjutnya gunakan Browser untuk masuk ke pengaturan modem. Masuk dengan IP modem yaitu 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 dan gunakan username; user dan password user.

Selanjutnya tinggal mengatur ulang nama wifi (SSID Name) dan Password wifi. Sampai sini reset modem telah berhasil. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua.

Cara Reset Modem Indihome

x