Contoh Iklan Slogan Dan Poster

Contoh Iklan Slogan Dan Poster – Seringkali kita melihat promosi atau iklan pada media masa seperti telvisi, koran harian, majalah mingguan atau mendapati atau melihat iklan di internet.

Sebagian tentu sudah familiar dengan iklan. Apa begitu juga dengan Slogan dan Poster? Seperti apa itu teks iklan, Slogan dan Poster? Apa cara membuat dan tujuannya memiliki kesamaan?

Supaya lebih memahami perihal itu semua, pertama harus memahami pengertian, tujuan dan ciri-cirinya masing-masing.

Pengertian Iklan Dan Ciri-cirinya

Pengertian iklan adalah teks yang bersifat membujuk dan mendorong/mengajak khalayak supaya menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan.

Tujuan iklan adalah untuk mendorong/mengajak dan membujuk khalayak.

Dan berfungsi sebagai pengingat pada khalayak terhadap suatu produk atau jasa. Tapi tidak menutup kemungkinan iklan tidak menawarkan produk atau jasa, hanya mengingatkan hal penting untuk masyarakat.

Pada umumnya iklan ditayangkan di media masa seperti televisi, surat kabar harian atau majalah mingguan dan di internet seperti di media sosial, atau pasang iklan di google yang akan tayang di blog dan website.

contoh iklan slogan dan poster
Ciri-ciri Teks Iklan

Supaya lebih memahaminya, berikut ciri-ciri teks iklan:

  1. Teks Iklan Bersifat Imperatif: Kalimat dalam iklan bersifat permintaan ajakan, dorongan atau larangan. Contoh teks imperatif diawali kata; Lakukan, Temukan, Rasakan, Nikmati, ayo dan lain-lain.
  2. Teks iklan bersifat komunikatif; Menggunakan bahasa yang komunikatif dan sederhana, bahasa yang akrab sering digunakan.
  3. Bahasa iklan singkat dan padat; Kalimat dalam iklan harus jelas, singkat serta mudah dipahami dan diingat. Hindari kalimat yang berbelit-belit.
  4. Tulisan dan gambar menarik; Tulisan dan gambar sesuai dan menarik perhatian yang melihatnya.

Saat ini iklan sebagai sarana yang banyak digunakan pada kepentingan-kepentingan di bawah ini:

  1. Perusahaan Bisnis Komersial; Iklan untuk meningkatkan penjualan barang ataupun jasa.
  2. Bagi dunia perkantoran; Untuk mencari karyawan yang sesuai kriteria.
  3. Bagi pemerintah; Untuk meyebarkan informasi atau memberikan layanan kepada masyarakat
  4. Bagi perorangan; Untuk jual beli barang

Pengertian Slogan dan Ciri-cirinya

Slogan adalah kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup). Atau sebagai prinsip utama dari suatu usaha atau organisasi dan lain sebagainya.

Slogan juga sering disebut sebagai moto/motto. Pembuatan slogan mengutamakan kehematan kata-kata dan kepadatan makna pada kalimatnya.

Slogan sendiri memiliki beberapa fungsi yaitu untuk memacu semangat dan motivasi, mendorong masyarakat supaya melakukan sesuatu atau tidak mealkukan sesuatu. Ada juga juga slogan yang dibuat untuk mendidik masyarakat.

Dari penjelasan di atas, slogan memiliki ciri-ciri sebagai berikut;

  1. Kalimat pendek dan menekankan makna.
  2. Kalimat menarik dan mudah diingat.
  3. Slogan bisa berbentuk kalimat, frasa, klausa, motto.
  4. Slogan bisa digunakan sebagai semboyan dari suatu usaha atau organisasi dan sebagainya.
contoh iklan slogan dan poster
Ciri-ciri Teks Slogan

Pengertian Poster

Poster adalah pengumuman yang dipasang pada tempat umum (plakat), terdiri dari kata-kata dan gambar yang menginformasikan suatu ide atau ajakan hal penting terhadap masyarakat.

Pada poster mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata yang menarik yang bersifat persuatif, dengan kalimat yang singkat, jelas serta mudah dipahami.

Dari pengertian di atas, poster berfungsi menyampaikan pesan kepada banyak orang yang bertujuan untuk menarik perhatian banyak orang supaya mengikuti ajakan pada poster.

Misal pada Desain Poster Hemat Energi Listrik, menggunakan gambar dan kalimat yang menarik yang bersifat mengajak dan informatif.

Secara singkat, berikut ciri-ciri poster:

  1. Berupa teks persuatif
  2. Dipajang pada tempat umum yang mudah dilihat
  3. Gambar dan teks menarik perhatian
  4. kata-kata singkat, jelas, menarik dan lengkap
contoh iklan slogan dan poster
Ciri-ciri Teks Poster

Contoh Iklan Slogan Dan Poster

Seperti yang sudah dijelaskan mengenai pengertian, tujuan dan fungsi dari iklan, slogan dan poster yang memiliki tujuan untuk membujuk khalayak untuk berbuat sesuatu, entah itu membeli atau menurutinya.

Selanjutnya untuk lebih memahami akan diberikan contohnya masing-masing.

Contoh Iklan

1. Contoh iklan dari GoFood dengan kalimat yang singkat padat dan menarik.

contoh iklan slogan dan poster
Sumber Gambar GoBiz

Pada contoh iklan di atas kalimatnya cukup singkat dan padat, serta meyakinkan yang melihat untuk melakukan tindakan bergabung dan segera mendafatar.

2. Contoh iklan komersil dari KOPI ABC

contoh iklan slogan dan poster
Contoh Iklan Kopi ABC

Pada contoh iklan komersil di atas susunan teks-nya cukup singkat dan jelas.

Contoh Slogan

1. Contoh slogan tentang lingkungan “Biru langitku, Hijau Bumiku”

contoh slogan iklan dan poster

Pada slogan di atas dengan teks yang pendek namun menekankan makna dan berprinsip senantiasa menjaga lingkungan tetap lestari hijau.

Kata Hijau Bumiku memiliki makna yang cukup luas, bisa diartikan bahwa bumiku harus tetap lestari dan terhindar dari kerusakan atau kehancuran, dengan jalan menanam pohon.

2. Contoh Slogan / Motto dari “Honda – The Power Of Dream”

“The Power Of Dream” adalah slogan/moto dari perusahaan raksasa Honda. Penggunaan teks pada slogan tersebut cukup singkat dan menekankan makna serta memotivasi. Segala sesuatu bermulai dari Mimpi, bahwa keberhasilan seseorang dimulai dari hanya mimpi.

Contoh Poster

1. Contoh poster tentang prokes di masa Pandemi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai Pengertian Poster, bahwa yang menjadi kekuatan utama pada poster adalah penggunaan gambar serta kata-kata yang menarik, singkat dan informatif.

Demikian mengenai pengertian iklan slogan dan poster beserta contohnya. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua.

Contoh Iklan Slogan Dan Poster

x