Daftar Aplikasi Pinjaman Online Yang Terdaftar Di OJK 2022

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Yang Terdaftar Di OJK 2022 – Sebelum melakukan pinjaman uang di aplikasi pinjol, sebaiknya pahami apakah aplikasi tersebut memiliki izin resmi atau ilegal. Hal ini penting supaya tidak terjerat pinjaman online ilegal dengan sistem rentenir dengan bunga yang cukup memberatkan.

PINJOL menjadi solusi masyarakat saat membutuhkan pinjaman dana mendesak tanpa agunan dan cepat diperoleh atau cepat cair.

Biarpun demikian, selaku peminjam harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh aplikasi tersebut.

Bagaimana ciri-ciri aplikasi pinjaman online yang legal? Simak terus pembahasan pada artikel ini.

Ciri-ciri Aplikasi Pinjaman Online Resmi

Melakukan pinjaman dana lewat aplikasi pinjol cukup mudah dilakukan, tanpa harus datang ke kantor perusahaan pemilik aplikasi PINJOl tersebut.

Namun harus tetap waspada dengan memahami aplikasi Pinjol tersebut resmi atau bukan!

Berikut ciri-ciri aplikasi pinjaman online resmi atau legal:

  1. Alamat Kantor Jelas
  2. Mengantongi Ijin OJK
  3. Memiliki Web Resmi
  4. Biaya dan Bunga Transparan
  5. Proses Pencairan Cepat
  6. Memiliki Aplikasi Mobile

1. Alamat Kantor Jelas

Jika aplikasi Pinjol tidak memiliki alamat kantor yang tidak jelas, tentu menjadi tanda bahwa apalikasi tersebut adalah aplikasi Pinjol yang abal-abal.

Coba Anda telursuri dahulu dengan pencarian di google, ketikkan pencarian alamat aplikasi tersebut. Jika aplikasi tersebut resmi akan mencantumkan alamat kantor yang cukup jelas.

Bila dalam pencarian lewat internet ternyata alamatnya tidak ditemukan, bisa jadi aplikasi tersebut adalah penyedia layanan pinjaman online yang ilegal dan tidak resmi.

Cukup mudah bukan? Tinggal Anda telusuri alamat kantor aplikasi pinjaman online tersebut dan lihat reviewnya beberapa nasabah yang pernah pinjam di aplikasi tersebut.

2. Mengantongi Izin OJK

Yang menjadi ciri kedua yaitu aplikasi tersebut memiliki izin resmi sebagai penyedia jasa pinjaman online dari OJK.

Memiliki nomor izin dari OJK merupakan syarat mutlak bagi sebuah perusahaan penyedia jasa layanan pinjaman online. Bila telah mengantongi izin dari OJK dan terdaftar, tentu sebuah layanan resmi dan bisa dipercaya.

Anda bisa cek ke website resmi ojk.go.id untuk mengetahui apakah aplikasi pinjol tersebut telah terdaftar di OJK atau buka link berikut bit.ly/DaftarFinTech-OJK

Atau Anda bisa menghubungi kontak OJK yaitu 157. Bisa lewat nomor WhatsApp di 0811-5715-7157 atau lewat telepon 157. Serta bisa lewat E-mail OJK yaitu konsumen@ojk.go.id

Silahkan pilih cara yang termudah menurut Anda.

3. Memiliki Situs Resmi

Ciri-ciri berikutnya yaitu penyedia jasa pinjaman online terpercaya tentu memiliki situs resmi. Tujuannya supaya calon nasabah mudah memahami profil perusahaan tersebut, memahami layanannya serta sistem pinjamannya.

Memiliki situs resmi sendiri menjadi tanda bahwa penyedia jasa pinjaman online benar-benar memberi layanan yang baik supaya bisa dipahami dan dipelajari oleh calon nasabah.

Jadi sebelum Anda melakukan pinjaman online, sebaiknya cek aplikasi tersebut memiliki situs resmi atau tidak … Namun, biasanya kalau sudah terdaftar di OJK tentu memiliki situs resmi.

Silahkan kunjungi situs resminya untuk memahami sistem pinjaman dan biaya bunga serta lain-lainnya. Apabila situs resmi sudah tidak aktif, sebaiknya lewati saja dan cari aplikasi pinjol yang lain.

4. Transparan Tentang Biaya dan Bunga

Ciri-ciri selanjutnya yaitu, perusahaan resmi yang melayani pinjaman online akan terbuka dan transparan mengenai sistem biaya bunga pinjaman yang dikenakan pada nasabahnya.

Jadi, dengan sistem informasi biaya bunga yang transparan calon nasabah diberi kesempatan untuk mempertimbangkan kembali proses peminjamannya akan lanjut atau tidak. Tentu hal ini terkait dengan kemampuan calon nasabah mengenai angsuran tiap bulannya.

Setelah mengetahui biaya bunga tiap bulan harus dikembalikan, untuk dipertimbangkan kembali sesuai kemampuan penghasilan tiap bulan.

5. Proses Pencairan Cepat

Saat ini aplikasi PINJOl memang menjadi solusi yang cepat bagi masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman tanpa agunan. Walaupun demikian, peminjam harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh perusahaan jasa penyedia layanan pinjaman oline.

Apabila syarat-syarat pengajuan sudah terpenuhi, seperti KTP, nomor rekening dan data-data pribadi lainnya tentu dana pinjaman akan cepat cair dan segera terkirim ke rekening peminjam.

6. Memiliki Aplikasi Mobile

Ciri-ciri yang terakhir yaitu memiliki aplikasi mobile. Perusahaan penyedia jasa online yang terpercaya dan aman, selain memiliki website resmi juga harus memiliki aplikasi mobile.

Sebelum mengajukan pinjaman, pahami dan pelajari informasi yang ada di aplikasi. Mengenai biaya bunga dan ketetapan-ketetapan yang ditentukan, seperti ketepatan angsuran dan sanksi denda bila terlambat.

Aplikasi mobile ini juga sebagai sarana proses pengajuan syarat-syarat hingga roses pencairan.

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Yang Terdaftar Di OJK 2022

daftar aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK 2022

Pinjaman online tanpa agunan dan pencairan dana cenderung cepat memang sangat membantu bagi yang sedang membutuhkan dana mendesak.

Walaupun begitu, tetap harus mempertimbangkan beberapa pilihan yang ada. Saat ini cukup banyak aplikasi pinjaman online yang menjanjikan pinjaman dana cepat cair tanpa ribet.

Anda harus tetap memahami dan mempelajari dengan seksama ketentuan pinjaman yang telah ditentukan aplikasi tersebut, terutama mengenai biaya bunga pinjamannya.

Berikut beberapa aplikasi pinjaman online yang telah mengantongi izin resmi dari OJK. Mudah-mudahan bisa membantu, aplikasi pinjol yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. MauCash

Jasa layanan MauCash sudah mengantongi ijin OJK. Mengenai data para nasabah, informasi dari developer aplikasi menyatakan bahwa data dikelola secara aman dari pihak ketiga. Seperti yang diinformasikan di website resminya dan di google playstore.

Jika sudah mengirimkan data-data pribadi dan membatalkan pinjaman, bisa mengajukan penghapusan data.

Sebelum memutuskan melakukan pinjaman di aplikasi MauCash, sebaiknya pahami dulu ketentuan dan ketetapannya.

Berikut Info kredit pinjaman uang Maucash:
1. Nilai pinjaman uang tunai: Rp 500.000 – Rp 15.000.000
2. Tenor pinjaman uang: 61 hari s/d 365 hari
3. Biaya layanan pinjaman: 4,5% – 6%/bulan
4. Biaya administrasi: 5% – 24%
5. Maximum APR Cicilan: 64% – 95%

Untuk masukkan sebagai pertimbangan baiknya membaca review tentang aplikasi pinjaman ini dari para nasabahnya. Bisa dilihat pada kolom komentar aplikasi ini di google play store.

2. Finmas

Yang kedua yaitu Finmas. Perusahaan ini juga telah mengantongi izin OJK. Aplikasi resmi Finmas bisa Anda unduh di google playstore.

Untuk pengajuan pinjaman di Finmas bisa lewat website atau aplikasi yang telah disediakan.

Berikut informasi mengenai syarat peminjaman di Finmas:

– Syarat yang diperlukan yaitu memiliki e-ktp dan slip gaji.

– Dana pinjaman mulai Rp. 500 ribu hingga 5 juta dengan lama pinjaman maksimal 3 bulan

Contoh simulasi dana pinjaman 2 juta.

  • Bunga 536.999
  • Biaya proses administrasi 300.000
  • Total pelunasasn bulanan 945.666
  • Total pengembalian 2.836.999

Dari simulasi di atas tingkat bunga pinjaman yaitu 26,849 %.

Informasi tersebut diperoleh di website resmi Finmas. Dan untuk bahan pertimbangan Anda, baca kolom komentar mengenai review para pengguna yang telah mengajukan pinjaman di Finmas.

3. PinjamanGo – Pinjaman Uang Cepat

PinjamanGo salah satu penyedia layanan pinjaman online dengan proses pencairan cepat bila sudah di ACC. Perusahan ini sudah terdaftar dan di awasi oleh OJK.

Pengajuan pinjaman bisa dilakukan lewat aplikasi resmi PinjamanGo. Bisa Anda unduh secara legal di google Play Store dan App Store.

Syarat menjadi peminjam di PinjamanGo yaitu:

  • Memiliki KTP
  • Memiliki Rekening Bank
  • Memiliki Nomor HP yang tetap
  • Memiliki penghasilan yang stabil

Berikut informasi produk pinjaman di penyedia layanan ini.

  • Pinjaman uang tunai online: Rp 2.000.000 – Rp 6.000.000
  • Tenor: 91-120 hari
  • Bunga: Maksimal 15%/tahun (tidak ada biaya lainnya)

Contoh:

Untuk pinjaman Rp 2.000.000 dengan jangka waktu 91 hari, biaya yang dikenakan adalah sebagai berikut:
Bunga total: Rp2.000.000 * (15%/360) * 91 hari = Rp 75.833

4. Adakami

Ke-empat yaitu Adakami. Sudah terdaftar dan diawasi OJK. Perusahaan ini meyediakan dana pinjaman tanpa agunan dengan plafon cukup tinggi yaitu hingga 20 juta.

Data-data yang yang diajukan dijamin aman, tidak akan dibagikan ke pihak ketiga. Seperti yang diinformasikan di website resmi Adakami.

Untuk pengajuannya cukup mudah dilakukan secara digital. Silahkan unduh aplikasi Adakami.

Ada dua produk pinjaman yang ditawarkan oleh Adakami:

  1. Pinjaman sekali bayar
    Pinjaman harus dilunasi sekali bayar, namun peminjam bisa memilih tempo pengembalian mulai dari 14, 21 dan 28 hari.
    Nominal yang bisa dipinjam relatif kecil dibandingkan pinjaman cicilan dan besaran suku bunga yang harus dibayar yaitu 0,8 % per hari.
  2. Pinjaman Cicilan
    Pinjaman bisa dikembalikan secara cicilan, dengan tenor mulai 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Untuk suku bunga maksimum sebesar 36 % per tahun.

Syarat-syarat pengajuan pinjaman di Adakami:

  • Berusia 21 – 50 tahun
  • Memiliki E-KTP
  • Memiliki nomor rekening atas nama pribadi dan ponsel untuk mengunduh aplikasi Adakami

Kelebihan di Adakami yaitu tidak membatasi jenis pekerjaan, penghasilan dan kondisi keuangan.

Berikut contoh perhitungan pinjaman di Adakami:

Contoh 1:

Nominal pinjaman Rp2.000.000, dengan sistem sekali bayar dengan tempo 28 hari dengan bunga 0,8 %

  • Bunga perhari yaitu Rp2.000.000*0.8%=Rp16.000
  • Bunga total pinjaman 28 hari : (Rp2.000.000*0,8%)*28=Rp448.000
  • Biaya layanan: Rp2.000.000*1,42%=Rp28.400
  • Total biaya pengembalian: Rp2.000.000+448.000+28.400=Rp2.476.400

Contoh 2:

Nominal pinjaman Rp2.000.000, dengan sistem pinjaman cicilan 3 bulan dengan bunga 36 % pertahun. Berikut biaya rinciannya:

  • Suku bunga bulanan: 36%/12=3%
  • Bunga bulanan : Rp2.000.000*3%=Rp60.000
  • Biaya layanan bulanan : Rp2.000.000*1,42%=Rp28.400
  • Total bunga pinjaman selama 3 bulan: Rp60.000*3=180.000
  • Total biaya layanan selama 3 bulan : Rp28.400*3=Rp85.200
  • Jumlah pembayaran bulanan : Rp2.000.000/3 + 60.000 + 28.400=Rp755.067
  • Total dana yang dikembalikan : Rp2.000.00+180.000+85.200=Rp2.265.200

5. Indodana

Indodana merupakan perusahan P2P yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, dengan plafon pinjaman maksimal 12 juta dan tenor pinjaman mulai 3,6 dan 9 bulan.

Pencairan pinjaman cukup cepat serta tanpa agunan, hanya dengan memiliki KTP langsung bisa mengajukan pinjaman uang tunai kilat. Dan pengajuannya bisa dilakukan lewat aplikasi resminya bisa diunduh di google play store.

Contoh pinjaman dana Rp2.000.000 dengan cicilan selama 3 bulan.

  • Jumlah pembayaran perbulan : Rp900.500
  • Total dana yang dikembalikan : Rp900.500*3=Rp2.701.500

6. Julo

Sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Perusahaan penyelengara P2P dengan limit cukup tinggi yaitu 15 juta dengan tenor pinjaman hingga 9 bulan.

Syarat melakukan pinjaman di Julo :

  • Usia minimal 21 – 65 tahun
  • Memiliki E-KTP
  • Memiliki rekening pribadi
  • Memiiliki nomor HP dengan ponsel android
  • Domisili di wilayah jangkauan Julo

Cara mengajukan pinjama di Julo :

  • Unduh aplikasi Julo di Google Play Store
  • Isi data-data yang diminta di aplikasi, isi dengan sebenar-benarnya
  • Tunggu hingga proses Verifikasi
  • Dana tunai akan segera ditransfer ke rekening Anda

Informasi tambahan :

  • Bunga pinjaman perbulan : 4 – 9 %
  • Contoh: Pinjaman Rp4.000.000 dengan tenor 6 bulan. Dengan bunga perbulan 4%. Cicilan perbulan yang harus dibayar Rp827.000/bulan. Total dana yang dikembalikan: Rp827.00*6=Rp4.962.000

7. Dana Bijak

Aplikasi pinjaman online Danabijak dikelola oleh PT Digital Micro Indonesia. Dan sudah mengantongi ijin dan terdaftar di OJK.

Plafon pinjaman tanpa agunan lewat aplikasi Danabijak ini maksimal 20 juta. Dengan tenor pinajaman minimal 3 – 12 bulan.

Syarat minimum pinjaman tanpan agunan di Danabijak:

  • Minimal berusia 25 – 56 Tahun
  • Warga negara Indonesia dengan E-KTP
  • Minimum pendapatan Rp1.600.000
  • Memiliki rekening bank atas nama pribadi
  • Ada nomor HP yang aktif dengan ponsel android

Bila Anda berminat, silahkan unduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store.

Berikut informasi tambahan :

Contoh pinjaman dana Rp2.000.000 dengan tenor 3 bulan :

  • Biaya layanan / administrasi : Rp100.000
  • Dana pinjaman yang diterima : Rp1.900.000
  • Jumlah pembayaran bulanan : Rp873.333
  • Total dana yang dikembalikan : Rp873.333*3=Rp2.619.999

Melihat perhitungan di atas, Danabijak menetapkan biaya bunga pinjaman 30%.

8. Pinjamduit

Pinjaman online tanpa agunan dengan aplikasi Pinjamduit dengan proses cepat cair. Aplikasi pinjol ini milik PT. Stanford Teknologi Indonesia. Sudah mengatongi izin/terdaftar di OJK.

Aplikasi pinjol ini menawarkan plafon hingga 10 juta tanpa agunan, dengan tenor pinjaman 120 – 180 hari.

Syarat dan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman :

  • WNI dan memiliki E-KTP
  • Umur 18 tahun ke atas
  • Memiliki nomor telepon yang bisa diverifikasi
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Unduh aplikasi PinjamDuit di Google Play Store
  • Isi data dan Informasi pribadi Anda
  • Tunggu proses verifikasi
  • Dana tunai akan ditransfer ke rekening pribadi Anda

Informasi tambahan :

Berikut contoh pinjaman Rp2.000.000 dengan tenor 120 hari, biaya yang dikenakana adalah sebagai berikut.

  • Suku Bunga Harian: 25.55% / 365 = 0,07%
  • Bunga harian pinjaman : Rp2.000.000*0,07% = Rp1.400
  • Biaya layanan harian : Rp2.000.000*0,32% = Rp6.400
  • Total bunga pinjaman Rp(1.400+6.400)*120=Rp936.000
  • Total biaya pengembalian : Rp2.000.000+936.000=Rp2.936.000

Bunga perbulan di aplikasi PinjamDuit jatuhnya yaitu 2,1%, akan tetapi besar di biaya layanan. Jadi, kalau dihitung dari dana yang kembalikan sebesar 46,8%

Berikut perhitungan dengan nominal berbeda.

Contoh pinjaman sebesar Rp3.000.000, dan total biaya yang harus dikembalikan yaitu Rp3.000.000 + (3.000.000*46,8%)=Rp4.404.000,

9. Tunaiku

Hanya dengan modal KTP bisa ajukan dana pinjaman tanpa agunan di aplikasi Pinjol Tunaiku. Tunaiku penyedia jasa P2P yang telah beroperasi sejak tahun 2014 dan sudah memiliki izin/terdaftar di OJK. Tunaiku dikelola oleh perusahaan multinasional yaitu TOLARAM.

Plafon pinjaman dari 2 juta hingga 20 juta, dengan tenor mulai 6 bulan hingga 20 bulan.

Untuk mengajukan dana pinjaman tanpa agunan, prosesnya lewat aplikasi Tunaiku yang bisa diunduh di Google Play Store lewat HP android Anda. Atau bisa lewat website resmi yaitu Tunaiku.com

Berikut syarat dan dokumen yang diperlukan :

  • WNI dan memiliki E-KTP
  • Usia 21 – 55 Tahun
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Memiliki nomor ponsel yang aktif
  • Punya email yang aktif
  • Dan punya rekening bank atas nama pribadi

Informasi tambahan :

  • Minimal jumlah pinjaman Rp2.000.000 dan maksimalnya yaitu Rp.20.000.000
  • Suku bunga 3-4%
  • Minimal tenor pinjaman yaitu 6 bulan dan maksimal tenor pinjaman 20 bulan
  • Proses persetujuan pinjaman maksimal 24 jam

Contoh Pinjaman Rp2.000.000 dengan tenor pinjaman 6 bulan

  • Jumlah pembayaran bulanan : Rp482.985,
  • Total biaya pengembalian : Rp482.985*6 = Rp2.897.910
  • Biaya bunga pinjaman yaitu : Rp897.910
  • Jumlah total biaya pengembalian sudah termasuk bunga dan biaya layanan/administrasi.

10. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat dikelola oleh perusahaan PT Kredit Utama Fintech Indonesia. Sudah mengantongi izin atau terdaftar di OJK.

Untuk melakukan pinjaman di platform ini silahkan unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Galery.

Cukup dengan modal KTP bisa melakukan pinjaman di aplikasi Rupiah Cepat.

Berikut syarat pengajuan pinjaman :

  • WNI
  • Memiliki E-KTP
  • Memiliki rekening bank atas nama pribadi
  • Berusia minimal 18 tahun

Informasi tambahan

  • Pinjaman tunai online Rp400.000 – 10.000.000
  • jangka waktu pinjaman 91 – 365 hari
  • Bunga maksimum 24% pertahun
  • Dikenai biaya layanan yang disesuaikan dengan produk pinjaman

Contoh pinjaman dana Rp2.000.000 dengan jangka waktu pinjaman 91 hari.

  • Suku bunga pertahun : 24%
  • Bunga total : Rp2.000.000*(24%/360)*91 = Rp121.333,33
  • Total biaya yang dikembalikan : Rp2.000.000+121.333,33 = Rp2.121.333,33
x