Fungsi SSD Pada Laptop

fungsi ssd pada laptop

Fungsi SSD Pada Laptop – Apa itu SSD dan fungsinya apa sama seperti HDD? Secara fungsi, SSD dan HDD itu sama sebagai media penyimpan data secara permanen untuk ditulis dan dibaca secara terus menerus.

Sebuah media penyimpanan pada komputer tentu akan dibaca dan ditulis secara terus menerus, dimana saat terjadi penghapusan data sebenarnya juga terjadi proses penulisan.

Pada sebuah Hard Drive, baca dan tulis data terjadi pada sebuah piringan disk dengan kepala baca dan tulis yang bergerak mengakses Disk. Sedangkan pada Solid State Drive (SSD) baca dan tulis terjadi pada rakitan sirkuit terintegrasi, dan menggunakan memory flash.

Fitur Dan Teknologi SSD

Berdasarkan sifatnya, SSD terdapat dua macam yaitu SSD dengan basis Flash dan SSD dengan basis DRAM.

Sedangkan yang beredar di pasaran adalah SSD dengan basis flash. Contohnya seperti Flash Disk, Secure Disk (SD), Micro SD Card, Multi Media Card (MMC) dan Compact Flash (CF).

Sedangkan SSD dengan ukuran yang sama dengan Hard Disk (HDD) konvensional, yaitu dengan ukuran mulai 1,8 inci hinga 2,5 inci sudah banyak yang beredar di pasaran dengan harga lebih terjangkau.

SSD dengan basis flash sebagian besar menggunakan memory flash NAND yang mampu mempertahankan data tanpa catu daya yang konstan, memastikan persistensi data melalui pemadaman listrik mendadak.

SSD merupakan sebuah media penyimpanan dimana akan terjadi proses tulis dan baca secara terus menerus, saat menghapus data pada SSD saat itu juga terjadi proses menulis pada SSD.

Tidak seperti pada HDD, saat proses Overwrite data baru dengan menimpakan data lama pada sektor disk yang sama. Tetapi pada SSD, saat proses Overwrite data baru pada sektor yang sama dan data lama akan menjadi Sampah Data atau Garbage.

Adanya Sampah Data pada SSD bila menumpuk terlalu banyak tentu akan mengakibatkan kemampuan membaca data menjadi lamban, karena harus memilah data lama dan data baru.

Perihal Sampah Data tentu sangat menggangu kinerja SSD. Namun sekarang ini SSD sudah dilengkapi dengan fitur TRIM, yang mampu membersihkan data lama ketika terjadi Overwrite pada sektor disk yang sama dan mem-format sektor disk tersebut hingga bersih.

Dengan adanya TRIM ini kemampuan SSD menjadi lebih meningkat saat membaca dan menulis data.

Fungsi SSD Pada Laptop Atau Komputer

fungsi ssd pada laptop

SSD adalah Solid State Drive, atau kadang disebut Solid State Disk meskipun SSD tidak memiliki Disk seperti pada Hard Drive (HDD) atau Disket. Apa bisa SSD dipasang pada laptop atau komputer? Tentu SSD bisa dipasang di laptop sebagai pengganti HDD.

Sekarang ini penggunaan SSD menjadi pilihan setelah Hard Drive (HDD), dan di pasaran harganya pun sudah terjangkau dengan ketersediaan di atas 125 GB lebih.

Secara sederhana fungsi SSD pada Laptop atau komputer adalah sebagai berikut :

  • SSD sebagai media Drive atau penyimpanan pada komputer atau laptop yang bisa menggantikan HDD.
  • Berfungsi meningkatkan performa komputer dalam akses data, karen kemampuan baca dan tulis lebih cepat
  • Berfungsi untuk Meningkatkan performa komputer saat pertama kali komputer dinyalakan akan lebih cepat.

Demikian fungsi dari SSD pada laptop atau komputer, sebagai pilihan media penyimpanan selain Hard Disk.

Berapa Harga SSD

Harga SSD sekarang ini lebih terjangkau dengan kapasitas di atas 125 GB. Untuk harga SSD sendiri, tiap merk tentu bisa berbeda walaupun dengan kapasitas yang sama.

Berikut beberapa harga SSD saat artikel ini ditulis. Dengan kapasitas yang sama dengan merk yang berbeda :

1. SSD Kingston SA400 240 GB berkisar di harga Rp. 780.000,

2. SSD WD Green 2,5″ 240 GB berkisar di harga Rp. 610.000,

3. SSD Billion Reservoirv 2,5″ 240 GB berkisar di harga Rp. 480.000

4. SSD Colorful SL500 240 GB berkisar pada harga Rp. 625.000,

5. SSD Sandisk Plus 240 GB berkisar pada harga Rp. 620.000,

6. SSD Crucial BX500 240 GB berkisar pada harga Rp. 645.000,

7. SSD Pioneer SATA 3 240 GB berkisar pada harga Rp. 580.000,

8. SSD ADATA SU650 240 GB berkisar pada harga Rp. 609.000,

9. SSD V-GeN SATA 3 240 GB berkisar pada harga Rp. 623.000,

10. SSD Team Elite 240 GB berkisar pada harga Rp. 575.000,

Demikian beberapa kisaran harga SSD dengan kapasitas 240 GB untuk beberapa merk berbeda. Harga di atas tentu sewaktu-waktu bisa berubah. Dan kebutuhan kapasitas SSD tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

x