Gambar Rangkaian Lampu Kepala / Headlamp Mobil

Sistem Kelistrikan dan Gambar Rangkaian Lampu Kepala

rangkaian lampu kepala

Lampu kepala atau biasa disebut headlamp atau headlight, umumnya terdiri dari lampu jarak pendek (Low Beam) dan jarak jauh (High Beam).

Lampu kepala yang berfungsi sebagai lampu penerangan pada saat malam hari.
Bagaimana skema rangkaian lampu kepala pada mobil? berikut gambar dan penjelasan mengenai rangkaian dari lampu kepala atau headlamp :

Gambar Rangkaian Lampu Kepala / Headlamp

Keterangan Nomor Pada Gambar :
1. Lampu kepala kiri (Terdiri Lampu Jarak Pendek dan Jauh)
2. Lampu kepala kanan (Terdiri Lampu Jarak Pendek dan Jauh)
3. Relay lampu kepala jarak dekat
4. Relay lampu jarak jauh
5. Saklar lampu jarak dekat dan jarak jauh
6. Saklar utama
7. Sekring
8. Fuse link
9. Bateray

Komponen Rangkaian Lampu Kepala

1. Lampu Low Beam

Lampu yang berfungsi untuk menerangi dalam penerangan jarak pendek, dengan daya pancar 40 – 100 m, dan daya Watt lampu yaitu 55 Watt / 90 Watt.

2. Lampu High Beam

Lampu yang berfungsi untuk menerangi dalam penerangan jarak jauh, dengan daya pancar 100 – 300 m, dan daya Watt lampu yaitu 60 Watt / 100 Watt.

3. Relay Lampu Jarak Pendek / Jauh

Merupakan bagian dari rangkaian kepala lampu yang berfungsi sebagai saklar dan pengaman yang bekerja secara elektromagnetik. Serta berfungsi untuk mencegah kerusakan pada saklar kombinasi akibat kelebihan aliran arus listrik yang dibutuhkan lampu kepala, baik jarak pendek atau jarak jauh.

4. Saklar Kombinasi Lampu Jarak Pendek / Jauh

Berfungsi sebagai saklar pembagi pada lampu kepala, untuk menyalakan atau mematikan lampu kepala jarak jauh maupun lampu kepala jarak pendek.

5. Saklar Utama

Saklar utama ini berfungsi untuk menyambung dan memutuskan arus listrik dari aki / baterai yang menuju ke saklar kombinasi untuk lampu kepala.

6. Sekring dan Fuse Link

Sekring berfungsi sebagai pengaman apabila pada kelistrikan rangkaian lampu kepala terjadi hubungan pendek (Korsleting / Short Circuit). Pada gambar rangkaian di atas terdapat dua Sekring untuk Saklar utama dan Fuse Link untuk relay.

7. Aki Mobil / Baterai

Berfungsi untuk menyimpan dan sebagai sumber tenaga kelistrikan pada mobil, seperti sumber kelistrikan saat starter mobil, menyalakan lampu dan kelistrikan lainnya pada mobil.

Demikian mengenai gambar rangkaian lampu kepala/headlamp dan komponen-komponen beserta masing-masing fungsinya.

Rangkaian Lampu Kepala

x