Skema Pembagian Group MCB Pada Instalasi Listrik Rumah

Tujuan dari grouping MCB untuk memudahkan pengontrolan dan perawatan instalasi listrik pada suatu bangunan gedung / rumah.

Dan bila ada gangguan internal seperti hubungan singkat (short circuit), listrik tidak padam total.

Bagaimana skema dan ketentuan grouping MCB pada instalasi listrik ini?

Bisa dilakukan dengan mengelompokan beban berdasarkan jenis beban. Dan daya MCB pada group tidak melebihi daya pada MCB utama.

Bagaimana pembagian kapasitas pada masing-masing MCB agar maksimal? Bisa simak pada contoh dan skema pembagian dibawah ini:

Instalasi Listrik Rumah Dua Group MCB

Contoh pada daya 1300 VA dengan batas maksimal pada MCB adalah 6A.

Bisa dilakukan dengan beberapa pembagian asal tidak melebih daya pada MCB utama.

Berikut beberapa contoh pembagiannya:

Kapasitas MCB Group 4 A dan 2 A

instalasi listrik rumah 2 mcb

Pada gambar diatas pembagian dua MCB dengan daya masing-masing yaitu 4 A dan 2 A.

Secara proteksi pembagian tersebut cukup aman. Jika dijumlahkan group satu dan dua tidak melebihi batas maksimal pada MCB utama yaitu 6 A.

Bila salah satu group penggunaan daya melebihi dari batas daya yang dibagikan MCB akan mengalami strip dan MCB utama tetap aman.

Namun bila menginginkan optimalisasi pemakaian daya sesuai kontrak ke PLN yaitu 6 A. Pemakaian pada group satu maupun dua tidak maksimal hanya sebatas sesuai pembagian MCB saja, bila melebihi akan terjadi trip pada MCB PHB.

Kapasitas MCB Group 4 A dan 4 A

Group-mcb-4a+4a

Pembagian group MCB dengan kapasitas daya 4 A dan 4 A pada masing-masing group bisa saja yang tujuannya tentu memaksimalkan daya.

Tetapi secara proteksi terhadap MCB utama apabila penggunaan daya pada masing-masing group secara maksimal melebihi 4 A, akan mengalami strip pada MCB utama / MCB kWh.

Pembagian seperti ini bisa digunakan sesuai kebutuhan pada group mana yang membutuhkan daya maksimal. Misal pada group MCB 1 membutuhkan daya maksimal sampai 4 A dan pada group MCB 2 penggunaan daya hanya 2 A secara proteksi ini aman dan tidak akan mengalami trip.

Kapasitas MCB Group 6 A dan 6 A

instalasi-mcb-2-group-6a+6a

Pembagian group MCB dengan kapasitas masing-masing 6 A tentu boleh-boleh saja dengan tujuan mengoptimalkan pada masing-masing group sesuai kontrak dari PLN yaitu 6 A.

Akan tetapi secara proteksi terhadap MCB kWh meter tidak aman. Apabila pada salah satu group sudah menggunakan daya maksimal dan pada group lain ada penggunaan daya juga tentu MCB meter akan mengalami trip.

Namun hal ini tentu bisa dikontrol dengan pemakaian yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Apabila group MCB 1 sedang membutuhkan daya maksimal, tentu bisa dilakukan pencegahan terhadap group MCB 2.

Hal ini tentu bisa diterapkan pada instalasi listrik rumah Anda, misal MCB 1 untuk lantai satu dan MCB 2 untuk lantai dua.

Demikian pembagian group MCB pada instalasi listrik di rumah dengan mempertimbangkan kebutuhan serta keamanan.

Pembagian Group MCB pada Instalasi Listrik Rumah