Isolir Indihome: Penyebab Dan Cara Membukanya

Isolir Indihome adalah kondisi dimana pelanggan internet indihome tidak bisa terhubung ke internet. Kondisi tersebut bukan karena wifi indihome tidak ada internet, tapi karena sedang terisolir. Indikator internet terisolir, saat internet digunakan untuk browsing akan masuk ke tampilan halaman web isolir indihome.

Tentu tidak menyenangkan bukan? Saat membutuhkan koneksi internet ternyata tidak bisa digunakan. Apakah penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Simak terus artikel ini untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Isolir Indihome

Bagi pelanggan indihome saat mengalami hal ini tentu tidak menyenangkan, namun tidak perlu khawatir. Supaya internet bisa digunakan kembali harus dibuka isolirnya.

Penyebab Isolir Indihome

Hal ini terjadi dikarenakan pelanggan telah melanggar ketentuan kontrak berlangganan, salah satu sanksinya adalah pengisoliran internet.

Salah satu ketentuan kontrak berlangganannya adalah bila pelanggan melewati tanggal batas tempo pembayaran. Batas tempo pembayaran yaitu tiap tanggal 20 (Tiap bulan), bila melewati batas tanggal tersebut pada tanggal berikutnya internet akan terisolir.

Selain kena sanksi isolir, mulai tanggal 21 hingga akhir bulan tersebut kena denda sebesar 5% dari biaya berlangganan. Dan bulan selanjutnya setelah terisolir bila belum dibayar, mulai tanggal 1 kena denda sebesar 10% dari biaya berlangganan.

Bila sampai tiga bulan tagihan belum terbayar akan dilakukan pemutusan oleh pihak telkom.

Seperti yang diinformasikan pihak telkom, ketentuan ini adalah wajib sudah diketahui oleh pelanggan dan sanksi pengisoliran tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

jadi pembayaran telkom atau wifi indihome paling lambat tiap bulannya pada tanggal 20.

Cara Membuka Isolir

Bila internet indihome Anda terisolir, sebaiknya segera melakukan pembayaran untuk membuka isolirnya, supaya bisa digunakan kembali seperti semula.

Bila sudah melakukan pembayaran dan proses dibuka isolirnya ditunggu dalam waktu 1 x 24 jam. Namun bila lewat dari itu internet masih terisolir segera lapor gangguan ke pihak telkom.

Berikut beberapa cara melapor ke pihak telkom;

1. Lewat Call Center

isolir indihome

Untuk melakukan pelaporan supaya segera dibuka isolirnya bisa lewat Call Center, pada nomor 147. Dari hanphone tekan [kode area] + 147.

Sebelum melakukan panggilan ke Call Center, pastikan handphone Anda memiliki pulsa karena nomor ini bukan nomor panggilan gratis.

Jangan lupa siapkan nomor internet indihome atau nomor telephone yang terdaftar wifi indihome. Segera sampaikan keluhan Anda, supaya segera dibuka isolirnya dan tunggu hingga Anda dapat tiket pelaporannya.

2. Lewat Email

Yang kedua yaitu lewat email. Sampaikan keluhanmu ke email customercare@telkom.co.id

Contoh format email pelaporannya;

Selamat siang, saya Nina pelanggan Indihome dengan nomor internet (Nomor internet Anda / No Telephone) telah melakukan pembayaran internet indihome sebesar Rp. 325.000 pada tanggal 21 November 2021.

Pembayaran sudah diselesaikan tetapi isolir indihome belum dibuka, tolong segera bantu dibuka isolirnya supaya internet bisa digunakan kembali. Terima Kasih

Demikian contoh isi email pelaporannya dan tunggu Anda sampai mendapatkan tiket pelaporannya.

3. Melalui Aplikasi My Indihome

isolir indihome

Yang ketiga melalui aplikasi. Cara ini cukup mudah, Anda tinggal login ke aplikasi My Indihome dengan akun yang Anda daftarkan sesuai nomor indihome Anda.

Setelah login ke aplikasi My Indihome;

  1. Klik tab Bantuan
  2. ┬áKlik tombol “Pengaduan layanan”
  3. Pilih kategori “Administrasi dan Tagihan”
  4. Pilih gangguan yang dialami “Buka Status Isolir”
  5. Klik “Lanjut”
  6. Klik “Tidak, saya mau melaporkan hal ini”
  7. Isi detail komentar
  8. Klik “Laporkan Gangguan”

Ikuti petunjuk selanjutnya yang ada di aplikasi My Indihome.

4. Melalui Facebook Telkom Care

Cara ke-empat yaitu lewat Facebook Telkom Care. Anda tinggal melaporkan keluhannya ke CS dengan menyertakan data-data seperti nomor indihome, tanggal pembayaran dan bukti pembayaran. Format laporannya, kurang lebihnya sama seperti lewat email.

Tunggu hingga CS merespon Anda dan jangan tutup aplikasi sebelum mendapatkan tiket pelaporan.

5. Melalui Twitter Telkom Care

Terakhir yaitu lewat Twitter Telkom Care.

Tinggal laporkan keluhan Anda tentang bantuan membuka isolir indihome. Jangan lupa sertakan data pembayaran dan nomor internet indihome.

Aplikasi jangan ditutup sebelum dapat respon dari CS Telkom Care dan tunggu hingga dapat tiket pelaporannya.

Mengapa kita perlu mendapatkan nomor tiket pelaporan? Hal ini diperlukan saat nanti sudah melapor namun gangguan belum terselesaikan, Anda tinggal follow up dan sebutkan nomor tiket pelaporan supaya gangguan segera diselesaikan.

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu isolir indihome dan cara membukanya. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua.

Isolir Indihome

x