Pengertian Mind Mapping Dan Cara Membuatnya

Pengertian Mind Mapping?

Mind Map (peta pemikiran) adalah sebuah grafis yang dibuat untuk mewakili konsep dan ide-ide pemikiran.

Konsep dan ide-ide ditampilkan secara visual dalam bentuk grafis. Semua informasi disusun secara terstruktur untuk membantu Anda menganalisa, memahami, mengingat, serta memunculkan ide-ide baru.

Dalam metode Mind Mapping semua informasi disusun secara terstruktur sedemikian rupa, sehingga mirip seperti struktur kerja otak.

Karena aktivitas ini bersifat analisis dengan susunan konsep yang artistik, kreatif dan menarik hingga akan memaksimalkan potensi kerja otak.

Dan yang terpenting adalah dalam kegiatan memetakan konsep dan ide-ide menjadi lebih menyenangkan!

Metode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974. Seorang ahli pengembangan potensi manusia. Untuk memaksimalkan potensi pikiran dengan melibatkan otak kanan dan otak kiri secara simultan.

Tony Buzan kemudian membuat metode yang mengeksplorasi daya pikir manusia, lewat rekayasa model pengembangan potensi manusia dan disebut dengan Pemetaan Pemikiran.

Agar lebih mudah memahami apa itu mind mapping berikut contoh grafisnya.

pengertian mind mapping

Gambar di atas adalah contoh hasil dari pemetaan pikiran secara visual dalam bentuk grafis atau gambar.

Untuk pertama kalinya, mungkin Anda menilai bahwa grafis di atas akan tampak berantakan. Akan tetapi selanjutnya akan terbiasa dan menyenangi cara kerja metode ini.

Cara Membuat Mind Mapping

Untuk membuat peta pemikiran (Mind Mapping) cukup mudah, seperti menghitung langkah 1,2 dan 3.

  • Mulai dari tengah halaman untuk menempatkan Topik Utama (Ide Utama) atau Kata Kunci yang akan Anda kembangkan (Gunakan kertas memanjang seperti ukuran Letter dengan orientasi Landscape).
  • Kembangkan beberapa subtopik yang berkaitan dengan Topik Utama. Buatlah garis untuk menghubungkan tiap subtopik ke topik utama.
  • Ulangi hal yang sama pada subtopik untuk dikembangkan agar menjadi subtopik yang lebih rendah atau topik yang lebih sempit sesuai keinginan Anda.

Beberapa point yang harus diperhatikan dalam membuat peta pemikirian:

  • Gunakan warna, simbol, gambar yang cukup aktraktif. Buat peta pemikiran Anda menjadi grafis yang sangat visual. Berikan pada topik utama dan subtopik-subtopik lainnya.
  • Gunakan kata kunci yang singkat. Baik pada topik utama maupun subtopik. kalau bisa hanya satu kata, akan lebih baik.
  • Variasikan warna, huruf kapital dan garis. Pada topik utama dan subtopiknya varisaikan huruf, warna, ukuran huruf dan ketebalan. Tekankan pada poin yang penting dengan huruf tebal atau ukuran besar dan gunakan dengan warna yang berbeda pada garis penghubungnya.

Demikian penjelasan tentang pengertian Mind Mapping dan cara membuatnya.

Metode Mind Mapping ini sangat menarik untuk dipelajari dan bisa diterapkan pada banyak bidang pada era perkembangan yang cukup cepat seperti sekarang ini.

x