Perguruan Tinggi Swasta Di Malang

perguruan-tinggi-di-malang

Sudah ada keinginan akan kuliah di kota Malang, tapi belum tahu mau kuliah di Peguruan tinggi apa? 

Hal ini tentu banyak dialami teman-teman yang akan lulus SMU / SMK dan akan melanjutkan kuliah. Tinggal sesuaikan pilihannya, mau kuliah di Negeri atau Swasta.

Bila pilihan jatuh pada perguruan tinggi swasta, tentunya perguruan tinggi swasta yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain memenuhi persyaratan. Ada hal utama yang menjadi pertimbangan yaitu Akreditasi yang disandang oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tersebut.

Sebelum lanjut ke pembahasan daftar Perguruan Tinggi Swasta Malang beserta akreditasi yang dimilikinya untuk pertimbangan dalam memilihnya, bisa simak dahulu pengertian Akreditasi dan Badan Akreditasi Nasional pada pembahasan dibawah ini :

Pengertian Akreditasi

Akreditasi merupakan pengakuan dari pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan, terutama lembaga pendidikan swasta. Contoh salah satu akreditasi adalah akreditasi terhadap tes laboratorium yang hasilnya telah diakui sesuai standar yang ditentukan.

Akreditasi diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan tiga tingkatan status, yaitu; terdaftar, diakui, disamakan.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT satu-satunya lembaga yang memiliki wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya badan akreditasi nasional yang diakui oleh pemerintah, BAN-PT memiliki wewenang dalam melakukan sistem Akreditasi pada semua institusi pendidikan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Agama (PTA), serta Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

BAN-PT merupakan lembaga yang mandiri (independen) yang diangkat dan melaporkan tugasnya pada Menteri Pendidikan Nasional. Salah satu tugasnya yaitu penilaian mutu pada Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Agama, Perguruan Tinggi Kedinasan dan Perguruan Tinggi Swasta.

Daftar Akreditasi Perguruan Tinggi Swasta di Malang

Akreditasi merupakan cerminan mutu pendidikan sebuah institusi Perguruan Tinggi, yang diberikan oleh lembaga independen yang mempunyai wewenang dan ditunjuk oleh pemerintah.

Sebelum menjatuhkan pilihan di Perguruan Tinggi mana tempat melanjutkan kuliah, sebaiknya mengecek status Akreditasinya, baik Akreditasi secara Institusi maupun Akreditasi Progaram Studi (Prodi) yang akan dipilih.

Jangan sampai menjatuhkan pilihan pada perguruan tinggi yang sama sekali belum terakreditasi, hal ini bisa-bisa ijazah yang diperoleh tidak dihargai sama sekali, terutama saat ijazah digunakan untuk pengajuan ke pemerintahan atau lembaga swasta.

Seperti pada gambar dibawah ini, secara Institusi Perguruan Tinggi Tersebut mendapatakan akreditasi B.

Untuk contoh Universitas Islam Malang, secara Institusi terakreditasi B, namun ada 7 Program Studi yang menyandang Akreditasi A, dan ada 11 Program Studi yang Akreditasinya B, serta 2 Program Studi yang Akreditasinya C. Berdasarkan dari web resmi Unisma memiliki 24 Program Studi, kemungkinan Prodi yang lain masih belum/proses akreditasi.

daftar-perguruan-tinggi-swasta-di-malang

Jangan asal pilih Perguruan Tinggi, dengan pemikirian yang penting kuliah dan mendapatkan ijazah sarjana strata-satu (S-1).

Akreditasi yang dimiliki oleh perguruan tinggi merupakan jaminan mutu pendidikan perguruan tinggi tersebut. Sedangkan perguruan tinggi yang belum terakreditasi, belum ada jaminan mutu pendidikannya.

Pilihlah Perguruan tinggi yang memiliki akreditasi yang baik secara Institusi maupun secara program studi (Prodi).

x