Software Edit Audio (Recommended) Gratis dan Terbaik

Software Edit Audio – Dalam dunia editing berkas audio, saat ini ketersediaan perangkat lunak untuk mempermudah pekerjaan tersebut cukup banyak, baik yang berbayar maupun gratis. Dimana proses editing suara diperlukan guna meningkatkan kualitas atau memberi efek pada suara yang kita buat. Agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Berikut daftar software edit suara yang banyak digunakan oleh para content creator dalam proses editing. Tentunya, antara versi gratis dan berbayar ada perbedaan signifika dalam fitur serta hasil outputnya. Namun, beberapa aplikasi yang gratis juga sangat powerfull dalam proses editing audio, berikut daftar aplikasi edit audio di laptop :

Audacity (Windows, Mac Os, Linux)

software audacity
Tampilan Audacity – sumber : audacityteam.org

Aplikasi Audacity ini gratis dan tersedia untuk operasi sistem Windows, Max Os dan Linux. Merupakan aplikasi pengolah / pemberi efek suara yang digratiskan secara bebas dan open source. Seperti yang dinyatakan dalam web resmi Audacity, diperbolehkan untuk dimodifikasi dan keperluan pribadi. Aplikasi Audacity memiliki fitur lengkap dan cukup stabil, hingga sering direkomendasikan oleh kalangan pengguna profesional maupun pendatang baru dalam dunia editing suara.

Pengguna Audacity bisa memberbaiki berkas suara tertentu, atau sekadar menambahkan efek suara yang sudah disediakan dan juga bisa berkreasi membuat suara sendiri lewat aplikasi ini. Berikut fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Audacity :

  • Recording
    Bisa digunakan untuk merekam suara langsung dari mikrofon atau mixer, atau mendigitalkan suara rekaman dari media lain.
  • Export / Impor
    Memasukan dan meng-edit serta menggabungkan berkas suara dan hasilnya bisa disimpan dengan berbagai format.
  • Sound Quality
    Support dengan kualitas 16 bit, 24 bit dan 32 bit. Kecepatan dan format sampel dikonversi dengan resampling dan dithering berkualitas tinggi.
  • Plugins
    Terdapat plug-in efek LADSPA, LV2, Nyquist, VST dan Audio Unit. Efek dapat dengan mudah dimodifikasi.
  • Editing
    Pengeditan cukup mudah dilakukan, tinggal potong dan tempel sesuai dengan kebutuhan. Pembatalan / Undo / redo perintah juga bisa berulang-ulang secara berurutan.
  • Effect
    Peninjauan efek secara real time. Terdapat manager untuk pengaturan instalasi plugin efek
  • Accessibility
    Pemilihan dan editing trek sangat user friendly bisa dilakukan dengan shortcut di keyboard
  • Analysis

Aplikasi pengolah suara ini benar-benar open source dengan fitur cukup lengkap. Bila Anda ingin mencoba bisa langsung kunjungi web resmi Audacity.

Power Sound Editor Free

power sound editor free
Power Sound Editor Free

Berikutnya yaitu aplikasi power sound editor free yang hampir mirip dengan Audacity. Power sound editor ini juga gratis dengan segudang fitur yang diperlukan oleh penggemar auditing audio. Fitur yang dimiliki antara lain seperti edit trek audio, merekam dan memberi efek audio atau menggambungkan beberapa berkas audio dan disunting sesuai dengan kebutuhan.

Software edit audio ini benar-benar mengesankan dalam proses pengeditan dan merekam, mampu mendukung beberapa format dari sumber pihak ketiga dan proses editing ditampilkan secara visual. Bila anda tertarik dengan software ini, langsung saja berkunjung kesini Power Sound Editor Free.

OceanAudio (Windows, Mac OS, Linux)

Software Edit Audio
Ocean Audio – Sumber : www.oceanaudio.com

Selanjutnya yaitu Aplikasi Ocean Audio dengan tampilan yang sederhana dan user friendly. Namun, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Dengan dukungan plugin VST (Virtual Studio Technology), penerapan efek suara yang dapat ditinjau secara berulang.

Memiliki fitur multi seleksi dalam proses edit audio dalam satu waktu. Misal Anda memilih beberapa bagian suara yang berbeda untuk di edit, didengarkan, bahkan diberi efek dan diputar untuk ditinjau ulang.

Tidak ada batasan kapasitas berkas audio yang akan di edit. Berkas audio dengan durasi panjang, proses edit / sunting suara akan berjalan dengan ringan tanpa menguras memori komputer. Dan memiliki fitur spektogram yang lengkap, untuk menganalisa spektral sinyal, pita frekuensi dari berkas audio Anda.

Seperti yang diungkapkan di web resminya, Anda akan terkejut ketika menggunakan software editing audio ini. Anda penasaran? Langsung saja dapatkan secara gratis di web resmi OceanAudio.

Adobe Audition

software edit audio adobe audition
Adobe Audition – Sumber gambar : adobe.com

Aplikasi selanjutnya yaitu Adobe Audition. Aplikasi ini sangat direkomendasikan oleh kalangan profesional, dukungan fitur yang dimiliki adobe audition untuk menangani editing audio sangat lengkap.

Seperti yang diungkapkan para pengguna profesional, adobe audition mampu memberikan kualitas editing yang sangat teliti, dan juga memiliki fitur untuk membersihkan dan memperbaiki kualitas suara tanpa merusak video.

Wajar saja aplikasi ini dengan dukungan fitur lengkap dan mumpuni, mengingat software adobe audition creative cloud ini merupakan aplikasi berbayar. Akan tetapi, bila Anda ingin mencoba aplikasi editing audio ini bisa mencoba yang free trial selama tujuh hari. Apakah Anda penasaran ingin mencoba aplikasi ini? Bisa kunjungi langsung web resmi Adobe Audition.

WavPad (Audio Editing Software)

software edit audio wavpad
WavPad | Sumber gambar : www.nch.com.au

Selanjutnya yaitu aplikasi WavPad dari NCH. Merupakan aplikasi editor audio dan musik. Aplikasi ini tersedia untuk operasi sistem Windows dan Mac OS, juga tersedia untuk IOS dan Android. Fitur yang dimiliki aplikasi ini sebagai editor audio cukup lengkap.

Dengan antarmuka yang cukup mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. WavPad juga banyak kompatibel dengan berbagai file audio dan dapat mengkonversi ke berbagai format audio. Bila Anda tertarik ingin mencoba bisa kunjungi web resmi WavPad.

Wavosaur

software edit audio
Wavosaur – Sumber gambar : www.wavosaur.com

Selanjutnya yaitu aplikasi editor audio Wavosaur. Aplikasi ini cukup ringan untuk dijalankan dan memiliki antarmuka yang sangat user friendly untuk pengguna pemula sekalipun. Dengan fitur yang cukup lengkap untuk kegiatan editing audio. Dengan dukungan plugin efek VST (Technology Virtual Studio) dan support ASIO (ASynchronous Input / Output)

Dengan aplikasi ini Anda dapat mengedit laju bit audio, mengkonversi, memotong trek audio, membuat rekaman suara, menormalkan audio agar sesuai kebutuhan dan masih banyak fitur yang lainnya. Bila Anda tertarik ingin mencoba software edit audio ini, bisa anda dapatkan secara gratis. Kunjung langsung ke web resmi Wavosaur.

Demikian review singkat mengenai beberapa software edit audio yang direkomendasikan oleh para kalangan profesioanal dalam dunia editing audio. Semoga paparan singkat ini menjadi referensi yang bermanfaat. Terima Kasih.

Software Edit Audio

x