16 Tips Menghemat Listrik Yang Berhasil Menurunkan Tagihan

Menghemat listrik adalah upaya mengurangi penggunaan listrik yang tidak berguna, menggunakan sesuai kebutuhan, namun tetap efektif dan manfaat yang diperolehnya sama.

Berhemat listrik tindakan yang bijakasana untuk diterapkan pada rumah tangga karena bisa berhemat dalam pengeluaran bulanan, baik pada daya 900 VA, 1300 VA dan daya lainnya.

Namun terkadang kita tidak tahu langkah-langkah cara hemat listrik, tahunya sebatas menggunakan listrik pada akhirnya tagihan bulanan membengkak terutama pada listrik pascabayar.

Bila Anda masih belum tahu langkah-langkah menghemat listrik, berikut tips-tips yang telah berhasil dipraktikkan dan bisa diterapkan di rumah Anda.

1. Gunakan Listrik Pra Bayar (Listrik sistim pulsa)

menghemat listrik
Sumber gambar: seputarpengandaran

Dengan menggunakan listrik prabayar atau sistem pulsa, penggunaan listrik sepenuhnya bisa kita kontrol untuk tiap bulannya.

Semisal dalam bulan pertama penggunaan pulsa listrik terlalu boros sehingga pulsa cepat habis, tentu hal ini mudah kita kontrol dengan mengurangi penggunaan listrik yang tidak diperlukan.

Dengan mengontrol kebutuhan pulsa listrik tiap bulannya sehingga bisa berhemat listrik.

Jadi sebaiknya, bila listrik Anda masih pasca bayar segera beralih ke listrik pra bayar / listrik sistem pulsa.

2. Pilih mesin cuci hemat listrik

Sumber digitaltrends

Bila hendak menggunakan mesin cuci, sebaiknya pilih yang yang satu tabung dengan tipe ‘Front Loading” dan sudah menggunakan teknologi Inverter Direct Drive (DD).

Pada teknologi Inverter Direct Drive lebih sedikit komponen yang bergerak sehingga mengurangi getaran. Selain itu, motor jadi lebih sedikit menggunakan daya sehingga lebih hemat dalam konsumsi listrik.

3. Gunakan TV dan Lampu Led

menghemat listrik
Sumber 123rf.com

Penggunaan TV dan Lampu dengan teknologi LED sudah terbukti lebih hemat dalam mengkonsumsi listrik dibandingkan dengan TV tabung / TV LCD dan Lampu pijar / bohlam.

Pada TV LED lebih hemat 50 % mengkonsumsi listrik, karena menggunakan LED backlight yang menyesuaikan kebutuhan pencahayaan sehingga warna yang muncul lebih beragam.

Berikut perbandingan penggunaan TV LCD dan TV LED;

  • Pada TV LCD (110 Watt) 10 jam x 30 hari = Rp 48.420
  • Pada TV LED (50 Watt) 10 jam x 30 hari = Rp 22.009

Pada perhitungan di atas menggunakan harga listrik per kWh terbaru dari PLN untuk daya listrik 1300 VA. TV menyala selama 10 jam dan dihitung dalam 30 hari.

TV LED lebih hemat bukan?

Untuk bisa menghitung penggunaan listrik tiap bulannya, bisa membaca pada artikel lain yaitu tentang tarif dasar listrik dari PLN.

Baca juga : Harga listrik per kWh terbaru dan cara menghitungnya

4. Menghemat listrik pilih kulkas 2 pintu

menghemat listrik
Sumber: Ramtons.com

Sebaiknya gunakan kulkas dua pintu dengan teknologi inverter compressor, karena mampu menjaga suhu dalam kulkas lebih stabil. Dan energi atau konsumsi listrik jauh lebih sedikit saat suhu stabil.

Pada kulkas dua pintu terdapat dua ruang yaitu pintu atas sebagai ruang freezer dan pintu bawah sebagai chiller.

Mengapa dua pintu lebih hemat listrik?

Karena pada saat pintu chiller dibuka, suhu luar tidak akan mempengaruhi ruang freezer dan suhu dalam freezer akan lebih stabil, sehingga kerja kompresor lebih sedikit konsumsi listriknya.

Berbeda pada kulkas satu pintu, saat pintu dibuka suhu luar sedikit banyaknya akan mempengaruhi suhu dalam freezer, sehingga kompresor bekerja lebih besar dan konsumsi listrik juga lebih besar.

5. Pilih AC Hemat Listrik Dan Gunakan Secara Bijak

menghemat listrik
Sumber freepik

Penggunaan AC lebih banyak dalam konsumsi daya listrik dibandingkan elektronik lainnya, sebaiknya gunakan secara bijak sesuai kebutuhan.

Maka itu, untuk mengurangi udara panas dalam rumah bisa membuat sirkulasi udara segar mudah masuk dalam ruangan rumah sehingga tidak memerlukan AC.

Atau bisa menggunakan AC dengan teknologi dual inverter kompresor yang lebih hemat konsumsi listrik.

6. Minimalisir Penggunaan Dispenser

Sumber gambar 99.co

Saat memanaskan dan mendinginkan air dengan dispenser, konsumsi listriknya akan lebih besar.

Sebaiknya hindari membuat air panas dengan dispenser, cukup memanaskan air dengan kompor dan untuk mendinginkan air cukup dengan kulkas.

7. Matikan Lampu Saat Keluar Atau Tidur

Sumber medium

Gunakan energi listrik sehemat mungkin untuk masa yang akan datang. Gunakan energi listrik seperlunya, matikan lampu saat keluar atau saat mau tidur.

Tindakan-tindakan kecil ini cukup berarti dalam penghematan listrik.

8. Cabut Peralatan Listrik Yang Tidak Digunakan

Sumber Itstillworks.com

Ada lagi tindakan-tindakan kecil yang kadang kita abaikan, seperti lupa mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan.

Hendaknya cabut peralatan listrik yang menancap pada steker bila sudah tidak diperlukan, tindakan ini tentu cukup membantu dalam berhemat listrik.

9. Pilih Setrika Hemat Listrik Dengan Panas Otomatis

Penggunaan setrika tentu berlangsung beberapa jam sehingga membutuhkan cukup banyak daya listrik untuk dirubah ke energi panas pada setrika.

Sebaiknya gunakan setrika yang ada pengatur panas otomatis, sehingga bisa mengatur sesuai kebutuhan yang diperlukan dan konsumsi listrik bisa dihemat.

10. Gunakan air panas saat memasak nasi dengan rice cooker

Sumber nitrocdn

Kegiatan masak nasi pasti tiap hari, terutama dalam rumah tangga.

Saat memasak nasi dengan rice cooker membutuhkan daya listrik yang cukup besar, karena memanaskan air hingga mendidih supaya nasi masak.

Hal ini bisa di siasati supaya bisa lebih cepat dan sedikit konsumsi listriknya, bisa menggunakan air panas saat menanak nasi dengan rice cooker.

11. Hindari pengering mesin cuci

Sumber randburgbergens

Walaupun mesin cuci sudah menggunakan teknologi inverter direct drive, namun bila menggunakan mode pengeringan tentu tidak sedikit konsumsi daya listriknya.

Bila cuaca cukup cerah, untuk berhemat bisa disiasati menggunakan mode pencucian tanpa pengeringan hingga mesin cuci lebih hemat listrik.

12. Gunakan pencahayaan alami

Sumber archify.com

Tren sekarang ini adalah rumah dengan konsep minimalis modern, salah satu faktor pendukungnya dengan memanfaatkan pencahayaan alami.

Upaya untuk berhemat listrik bisa disiasati dengan memanfaatkan pencahayaan yang masuk dalam rumah, terutama pada siang hari sehingga tidak perlu menyalakan lampu listrik.

13. Buat ventilasi udara yang baik

menghemat listrik
Sumber smarterhomes.org

Rumah dengan ventilasi udara yang memadai tentu sirkulasi udara akan lebih lancar dan udara dalam ruangan akan lebih sejuk.

Biarpun AC lebih efektif mengatasi udara panas dalam rumah terutama dalam negara yang beriklim tropis.

Namun bila jendela dan kisi-kisinya cukup banyak tentu sirkulasi udara lebih lancar dan bisa mengurangi penggunaan AC dan bisa menghemat listrik

14. Memperbanyak tanaman

Sumber brunch.co.kr

Dengan menanam tanaman hias baik outdoor maupun indoor juga bisa membuat ruangan dalam rumah lebih sejuk karena uap air yang dilepaskan tanaman.

Untuk itu sebaiknya perbanyak tanaman pada sekitar rumah atau gunakan tanaman hias indoor.

Kalau sudah demikian, penggunaan AC bisa dihindari sehingga lebih hemat listrik.

15. Gunakan tirai penghalang panas

menghemat listrik
Sumber google

Dengan tersedianya banyak jendela membuat sirkulasi udara segar lebih lancar masuk rumah, namun saat terik matahari yang masuk lewat jendela bisa menimbulkan suhu panas dalam ruangan rumah.

Untuk itu bisa gunakan tirai penghalang panas dan suhu dalam ruangan tetap terjaga kesejukannya, namun pencahayaan tetap bisa masuk dalam ruangan sehingga penerangan listrik tidak diperlukan.

16. Gunakan sumber daya energi alternatif

Panel Surya
Sumber Thinkreality.com

Untuk bisa berhemat listrik bisa menggunakan sumber daya energi alternatif, seperti panel tenaga surya.

Panel tenaga surya cukup efektif dan ramah lingkungan karena tidak memerlukan bahan bakar. Dimana panel surya bekerja dengan memanfaatkan panas matahari untuk dirubah menjadi sumber daya listrik.

Menghemat Listrik

x