MCB Singkatan Dari Apa? Berikut Penjelasannya

MCB Singkatan dari Miniature Circuit Breaker yang diartikan sebagai miniatur pemutus sirkuit. Merupakan perangkat elektromekanikal yang melindungi rangkaian listrik dari arus lebih (Overcurrents). MCB bekerja secara otomatis bila terjadi arus listrik tidak sesuai dengan kapasitas MCB yang telah dipasang.

Beberapa orang lebih mengenal sekring listrik, dimana fungsi MCB sama seperti sekring. Namun dari sisi fungsinya, fungsi MCB bekerja lebih baik dibandingkan dengan sekring.

Mengenai kelebihan fungsi MCB bekerja lebih baik dari Sekring, selengkapnya bisa Anda baca artikel Fungsi MCB dan Sekring serta perbedaannya.

MCB Singkatan Dari Apa? Apa Sama Dengan MCCB

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, MCB kependekan dari “Miniature Circuit Breaker“. Sedangkan MCCB singkatan dari “Moulded Case Circuit Breaker“, bisa diartikan sebagai alat pemutus rangkaian/sirkuit yang berbentuk kotak/persegi.

Ada juga yang menyebut MCCB singkatan dari Molded Case Circuit Breaker. Namun tetap memiliki pengertian yang sama.

MCB singkatan dari
Gambar MCB dan MCCB | Sumber Tokopedia

MCB dan MCCB memiliki fungsi yang sama, namun memiliki perbedaan dalam kapasitasnya.

Baca juga: Cara Mengatasi MCB On Tapi Listrik Mati

Perbedaan MCB dan MCCB

Apa beda MCB dan MCCB, diperjelas lagi perbedaannya ada di kapasitasnya.

Berikut perbedaan selengkapnya dari MCB dan MCCB;

  • MCB untuk melayani rating arus yang lebih kecil, yaitu hanya sampai 63 amps, tepatnya digunakan untuk instalasi listrik dalam rumah.
  • Sedangkan MCCB mampu melayani kapasitas rating arus yang lebih tinggi hingga 1000 amps, tepatnya untuk industri dan komersil.
  • Trip level pada MCB tidak bisa diatur. Misal MCB 10 Ampere Berapa Watt? Tentu tidak bisa disetting kurang atau melewati kapasitas Watt dari MCB yang digunakan. Bila terjadi arus lebih MCB akan switch-off secara otomatis, maka fungsi MCB bisa bekerja dengan baik sangat lah penting.
  • Trip level pada MCCB bisa diatur oleh pengguna sesuai kebutuhan, mulai dengan level yang rendah dari kapasitasnya atau maksimal dari kapasitasnya sesuai kebutuhan.
  • Interrupting Capacity adalah batas dari arus maksimal yang melewati Circuit breaker (CB) sebelum CB itu rusak. Jika terjadi arus listrik yang melebihi batas Interrupting Capacity, maka CB (Circuit Breaker) tidak berfungsi.
  • MCCB memiliki nilai Interrupting Capacity yang lebih tinggi dari MCB.
  • MCCB juga memiliki kemampuan untuk berfungsi dalam kondisi tegangan yang rendah dari batas yang telah ditentukan (Under Voltage Trip) dan akan memutus arus dari sumber eksternal.

Demikian penjelasan singkat dari MCB singkatan dari apa? Dan penjelasan dari Beda MCB dan MCCB yang memiliki fungsi sama. Namun perbedaan utama yaitu kapasitasnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih telah berkunjung.

MCB singkatan dari

x